comscore

Penguatan Alutsista Mesti Dibarengi Peningkatan SDM TNI AU

Juven Martua Sitompul - 18 Juni 2022 12:59 WIB
Penguatan Alutsista Mesti Dibarengi Peningkatan SDM TNI AU
Ilustrasi Medcom.id.
Jakarta: Pengamat militer Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi menilai capaian minimum essential force (MEF) TNI AU saat ini masih kecil. Penguatan alutsista mesti dibarengi dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) TNI AU.

"Kekuatan udara kita masih belum memadai. Dari capaian masih paling bawah. Katakan sekitar 80 persen TNI AU baru separuh capaian baru 50 persen dari minimum MEF. Itu artinya masih tertinggal dengan matra lain sehingga tentu saja perlu menjadi perhatian supaya peremajaan maupun pengembangan kekuatan ini tetap proporsional dan simultan di antara tiga matra," kata Khairul melalui keterangan tertulis, Sabtu, 18 Juni 2022.
Padahal, peremajaan maupun pengembangan mutlak dilakukan untuk menjaga wilayah Indonesia yang luas, dari sisi udara. "Tentu saja dibutuhkan alutsista udara yang kuat dan mampu menjaga itu, bukan hanya yang sifatnya untuk kepentingan patroli tetapi pengawasan misalnya radar, itu harus mumpuni," kata Khairul.

Belanja alutsista untuk TNI AU memang terbilang mahal dibandingkan dua matra lain, yaitu TNI AD dan TNI AL. Khairul menyebut alutsista untuk TNI AU berasal dari impor yang memang mahal dan sulit perawatannya.

"Tantangan lain yang kita hadapi, pengembangan SDM itu juga harus benar-benar serius dijalankan. Termasuk juga kemampuan dalam melakukan pemeliharaan dan perawatan alutsista dan pengembangan strategi atau operasi," ucap Khairul.

Baca: Kebutuhan Alutsista untuk Perkuat IKN, KASAU: Disesuaikan dengan Ancaman

Dia mencontohkan korelasi antara perang Rusia-Ukraina dan pertahanan Indonesia. Banyak alutsista yang berasal dari Rusia, misalnya Pesawat Sukhoi ada ketergantungan untuk pemeliharaan dan perawatannya.

Di sisi lain, Ketua DPR Puan Maharani mendukung upaya penguatan armada TNI Angkatan Udara (AU). Dukungan ini disampaikan Puan saat bertandang ke Lapangan Udara Iswahjudi Magetan Jawa Timur, Jumat, 18 Juni 2022, untuk menyaksikan peresmian Gedung Kapten Penerbang (Pnb) Anumerta Surindro Supjarso.
 

Halaman Selanjutnya
Untuk memenuhi MEF tahap III…






Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id