comscore

Terpopuler Nasional, Aturan Nama Dalam Dokumen Kependudukan hingga Suhu Ekstrem di Arab Saudi

Juven Martua Sitompul - 24 Mei 2022 07:58 WIB
Terpopuler Nasional, Aturan Nama Dalam Dokumen Kependudukan hingga Suhu Ekstrem di Arab Saudi
Ilustrasi blangko KTP-el - ANT/Ardiansyah. (Faishol Taselan)
Jakarta: Sejumlah isu di Kanal Nasional Medcom.id menjadi yang terpopuler sepanjang Minggu, 22 Mei 2022. Aturan terkait pencatatan nama dalam dokumen pendudukan hingga jemaah diminta waspadai suhu ekstrem di Arab Saudi menjadi artikel paling disorot pembaca.
 

Berikut tiga artikel terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id:

1. Aturan Nama Terbaru, Berlaku untuk KTP hingga Kartu Keluarga

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengeluarkan aturan baru terkait pencatatan nama dalam dokumen kependudukan, termasuk KTP. Aturan ini berlaku mulai 21 April 2022.
 
Hal itu tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama pada Dokumen Kependudukan. Aturan itu ditetapkan oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.
 
"Pencatatan nama pada Dokumen Kependudukan dilakukan sesuai prinsip norma agama, norma kesopanan, norma kesusilaan, dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," demikian Pasal 2.

Baca selengkapnya di sini

2. Pemilu 2024, Gaji Petugas KPPS Bakal Naik 3 Kali Lipat

Gaji petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) disepakati naik pada Pemilu 2024. Hal itu merupakan hasil kesepakatan antara pemerintah, penyelenggara pemilu, dan Komisi II DPR dalam rapat konsinyasi yang dilakukan beberapa waktu lalu.
 
"Kita menyepakati untuk petugas-petugas ad hoc itu karena kerjanya cukup berat, kita sepakati untuk meningkatkan sebanyak tiga kali lipat dari biasanya, dari penyelenggaran pemilu sebelumnya," kata Wakil Ketua Komisi II DPR Syamsurizal di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Senin, 23 Mei 2022.
 
Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menyebut pertimbangan lain menaikkan gaji petugas KPPS yaitu inflasi. Menurut dia, kenaikan gaji petugas KPPS hal lumrah.
"Saya kira ini wajar karena bicara inflasi saja. Misal dulu Rp500 ribu bisa beli apa sekarang enggak bisa. Jadi wajar kita naiknya tiga kali lipat," ungkap dia.

Baca selengkapnya di sini

3. Tembus 50 Derajat Celsius, Calon Jemaah Haji Diminta Waspadai Suhu Ekstrem

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengingatkan calon jemaah haji menjaga kesehatan. Pasalnya, Arab Saudi tengah mengalami musim panas.
 
"Temperatur di sana kurang lebih 40 hingga 44 derajat celcius. Banyak minum saat di sana agar tidak dehidrasi," kata Yaqut dalam keterangan tertulis, Senin, 23 Mei 2022.
 
Yaqut mengatakan suhu tersebut belum mencapai puncaknya. Suhu diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celcius.

"Perhatikan asupan gizi dan kondisi kesehatan menjelang keberangkatan," ujar dia.
 
Yaqut mengimbau calon jemaah haji membiasakan diri untuk beradaptasi dengan situasi dan suhu ekstrem. Supaya mereka bisa tetap beribadah dengan khidmat.

Baca selengkapnya di sini

Informasi terkait tiga isu itu akan terus diperbarui di Kanal Nasional Medcom.id. Klik di sini untuk mendapatkan informasinya.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id