Prabowo Jadi Menteri Jokowi yang Paling Populer

    Cindy - 16 Februari 2020 15:44 WIB
    Prabowo Jadi Menteri Jokowi yang Paling Populer
    Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Foto: AFP/Adek Berry
    Jakarta: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi menteri terpopuler di Kabinet Indonesia Maju berdasarkan hasil survei lembaga riset Indo Barometer. Prabowo jadi pembantu Presiden Joko Widodo yang paling banyak dikenal publik.

    "Terbanyak (dikenal) Prabowo Subianto, 18,4 persen (responden). Saya kira wajar karena beliau adalah mantan calon presiden dua kali," kata Direktur Eksekutif Indo Barometer M. Qodari di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Minggu, 16 Februari 2020.

    Popularitas Ketua Umum Partai Gerindra itu mengalahkan menteri lainnya seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani, yang hanya diketahui 10,6 persen. Urutan berikutnya yakni Menteri BUMN Erick Thohir (8,2 persen), Menkopolhukam Mahfud MD (7,9 persen), serta Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Mahakrim (5,3 persen).

    Prabowo juga lebih tenar dari Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan yang hanya dikenal 5,2 persen responden. Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian 5,0 persen, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko 3,2 persen, Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo 2,5 persen, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung 2,2 persen.

    "Prabowo Subianto juga dinilai sebagai menteri dengan kinerja bagus. Prabowo mendapat 26,8 persen," ucap Qodari.

    Prabowo Jadi Menteri Jokowi yang Paling Populer
    Indo Barometer mempublikasi hasil survei terkait 100 hari pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Medcom/Cindy

    Sebanyak 13,9 persen responden menilai Sri Mulyani yang punya kinerja bagus. Sedangkan, 12,6 persen responden, memilih Erick Thohir. Mahfud MD dipilih 7,3 persen responden sebagai menteri dengan kinerja yang baik. Urutan berikutnya ada Nadiem Makarim (5,2 persen), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadi Mulyono (1,8 persen).

    Sebanyak 1,4 persen responden memilih Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo sebagai pembantu Jokowi yang kerjanya api. Sedangkan, Tito Karnavian, dpilih 1,4 persen responden. Urutan berikutnya yakni Menko PMK Muharjir Effendy (0,9 persen), Luhut Panjaitan (0,9 persen). Sebanyak 23,3 persen responden memilih tidak menjawab atau tidak tahu.

    "Kalau melihat data ini, bisalah saya katakan keputusan Pak Prabowo untuk masuk kabinet adalah keputusan yang tepat. Artinya panggung politiknya terus bertahan sampai 2024," ujar Qodari.

    Survei Indo Barometer ini dilakukan dalam rangka menyoroti 100 hari pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. Survei dilakukan terhadap 1.200 responden di 34 provinsi. Margin of error sebesar 2,83 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. 

    Waktu pengumpulan data mulai 9 Januari hingga 15 Januari 2020 dengan teknik wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Responden survei adalah warga negara Indonesia yang mempunyai hak pilih.





    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id