Kartu Prakerja Didistribusikan 9 April 2020

    Nur Azizah - 07 April 2020 10:51 WIB
    Kartu Prakerja Didistribusikan 9 April 2020
    Presiden Joko Widodo. Dok. Istimewa
    Jakarta: Kartu Prakerja bakal didistribusikan mulai Kamis, 9 April 2020. Anggaran yang dialokasikan meningkat dari Rp10 triliun menjadi Rp20 triliun.

    "Penerima manfaatnya menjadi 5,6 juta orang," kata Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas terkait efektivitas penyaluran jaring pengaman sosial di Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa, 7 April 2020.

    Nilai manfaat yang akan diterima mulai Rp650 ribu-Rp1 juta per bulan. Kartu Prakerja diberikan selama empat bulan ke depan.

    Jokowi memprioritaskan Kartu Prakerja untuk yang terkena pemecatan atau PHK, pekerja informal, pelaku usaha mikro kecil dan menengah, serta warga terdampak covid-19.

    Jokowi juga memerintahkan Kementerian Sosial mulai membagikan 200 ribu paket sembako untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Dalam distribusi ini, Kemensos dan Tim Gugus Tugas Covid-19 tengah berkoordinasi dengan Pemerintah DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

    Baca: Pemerintah Antisipasi PHK

    Kepala Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo sebelumnya meminta seluruh rukun tetangga (RT), rukun warga (RW), dan lurah, aktif untuk melaporkan siapa saja yang membutuhkan. Mereka harus memberikan masukan soal data masyarakat yang menjadi prioritas.

    Doni mengatakan pemberian sembako ini diluar program jaring pengaman sosial yang dicetuskan Presiden. Kepala Negara juga berencana memberikan stimulus ekonomi kepada warga terdampak virus korona.

    Khusus di Jakarta, ada 3,7 juta warga yang bakal diberikan stimulus ekonomi. Mereka masuk kategori warga miskin dan rentan miskin.

    Berdasarkan laporan yang diterima Jokowi, sudah ada 1,1 juta warga yang mendapat stimulus ekonomi. Sisanya, akan diberikan bertahap.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id