Kemenhub Akan Bantu Pemda Bodetabek Bangun Jalur Sepeda

    Putri Anisa Yuliani - 17 November 2020 14:51 WIB
    Kemenhub Akan Bantu Pemda Bodetabek Bangun Jalur Sepeda
    (Ilustrasi) Rombongan pesepeda di jalan raya. Medcom.id/Yurike Budiman
    Jakarta: Minat masyarakat beralih ke moda transportasi sepeda meningkat tajam di masa pandemi covid-19. Namun, tren ini tidak diiringi respons pemerintah daerah (pemda) dalam mengembangkan jalur sepeda.

    Kementerian Perhubungan (Kemenhub) telah berencana membantu pemerintah daerah Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Bodetabek) untuk membangun jalur sepeda. Pemerintah berusaha memeratakan pembangunan infrastruktur sepeda.

    "Memang karena terhalang pandemi ini, pemda tentunya kesulitan dan kami juga," kata Direktur Sarana Transportasi Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Pandu Yuniarto dalam webinar bertajuk Keselamatan Pesepeda di Jalan, Selasa, 17 November 2020.

    Dia mengatakan Jalur sepeda baru tersedia di Jakarta dan sebagian wilayah Tangerang Selatan. Kondisi tersebut mendorong pesepeda di sekitar Bodetabek untuk memadati jalan-jalan di Jakarta untuk bersepeda.

    Dia mengakui pandemi membuat proyek infrastruktur menjadi terbatas karena fokus anggaran harus disusun ulang. Namun, Kemenhub dapat membantu pemda lewat bantuan teknis.

    "Paling tidak membuat markanya, rambunya, dan sebagainya," kata Pandu.

    Baca: Kadung Salah Paradigma, Pengamat Beri Saran Pembenahan Transportasi

    Ketua Bidang Advokasi Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno menyebut peran Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) bisa dioptimalkan bila pemerintah mentok di sisi anggaran. Beberapa teknik pengelolaan anggaran dapat dipakai agar pemenuhan kebutuhan warga tercapai.

    "BPTJ kan berencana merevitalisasi terminal-terminal di Bodetabek. Nah, mungkin bisa itu dilakukan sepaket dengan pembangunan jalur sepeda," ujar Djoko.

    Masyarakat pun diminta proaktif mengusulkan penyediaan jalur sepeda di daerahnya masing-masing. Pemda harus dibuat melek soal kebutuhan pesepeda yang jumlahnya semakin banyak.

    (SUR)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id