Punya Pendapat Lain, Komisi IX Minta Pakar Cek Proses Uji Vaksin Nusantara

    Fachri Audhia Hafiez - 23 Februari 2021 07:50 WIB
    Punya Pendapat Lain, Komisi IX Minta Pakar Cek Proses Uji Vaksin Nusantara
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Pihak yang berpendapat lain terhadap Vaksin Nusantara diminta cek langsung proses uji klinik produk imunitas tersebut. Vaksin Nusantara dikembangkan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Universitas Diponegoro (Undip) di Rumah Sakit Umum Pusat Dokter Kariadi, Semarang, Jawa Tengah.

    "Bagi para peneliti dan berbagai kalangan yang punya pendapat lain silahkan langsung ke Undip atau RS Kariadi," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR Emanuel Melkiades Laka Lena dalam keterangan tertulis, Selasa, 23 Februari 2021.

    Melki mengatakan para pakar juga bisa menunggu data dari Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM). BPOM telah menerima hasil uji klinik fase satu Vaksin Nusantara.

    Politikus Partai Golkar itu menilai para pakar seharusnya berkomentar setelah mengonfirmasi ke pusat penelitian atau melihat hasil BPOM. Hal itu sebagai penerapan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 6 Tahun 2016 tentang Percepatan Pengembangan Industri Farmasi dan Alat Kesehatan.

    "Komentar yang tidak melalui konfirmasi ke peneliti atau melihat hasil BPOM tidak memberikan kontribusi apapun terhadap upaya pelaksanaan Inpres Nomor 6 tahun 2016," ujar Melki.

    Baca: Tim Peneliti Vaksin Nusantara Minta Waktu Selesaikan Uji Klinis

    Melki mengatakan anggota Komisi IX telah melihat langsung dan mendapatkan penjelasan proses uji klinik tahap satu Vaksin Nusantara. Pengerjaan vaksin untuk covid-19 itu baru diungkap ke publik setelah mendapatkan hasil positif.

    "Mereka bekerja dalam senyap dan diam. Mulai berani membuka diri dan publikasi setelah proses uji klinik tahap satu selesai dan hasilnya positif serta berpotensi menjadi vaksin dengan metode baru," ucap Melki.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id