Pembubaran 10 Lembaga Hemat Pengeluaran Negara Hingga Rp227 Miliar

    Kautsar Widya Prabowo - 01 Desember 2020 19:29 WIB
    Pembubaran 10 Lembaga Hemat Pengeluaran Negara Hingga Rp227 Miliar
    Ilustrasi. Foto: MI/Ramdani
    Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) menyebut pembubaran 10 lembaga yang baru dilakukan Presiden Joko Widodo dapat menghemat pengeluran negara. Diperkirakan potensi penghematan mencapai ratusan miliar.

    "Penghematannya sekitar Rp227 miliar per tahun untuk keseluruhan dari 10 lembaga non-struktural," ujar Deputi bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB, Rini Widyantini, dalam konferensi pers secara virtual, Selasa, 1 Desember 2020.

    Rini menekankan alasan pemerintah membubarkan 10 lembaga bukan karena anggaran. Melainkan untuk mewujudkan reformasi birokrasi.

    "Titik beratnya memang kepada bagaimana kita melakukan efisiensi di dalam kewenangan untuk masing-masing instansi pemerintah," ujar dia.

    Baca: 37 Lembaga Telah Dibubarkan Jokowi Sejak 2014

    Selain itu, tugas dan fungsi dari 10 lembaga yang dibubarkan akan diintegrasikan dengan kementerian dan lembaga yang sesuai. Berdasarkan kajian yang dilakukan terdapat beberapa tugas dan fungsi yang sesuai dengan kementerian dan lembaga.

    "(Ini) untuk mendorong optimalisasi peningkatan kinerja, untuk mewujudkan keterpaduan integrasi kebijakan, serta  mewujudkan efisiensi birokrasi dalam program pembangunan," kata dia.

    Adapun 10 lembaga mencakup Dewan Riset Nasional, Dewan Ketahanan Pangan, Badan Pengembangan Wilayah Surabaya-Madura, Badan Standardisasi dan Akreditasi Nasional Keolahragaan, Komisi Pengawas Haji Indonesia, dan Komite Ekonomi dan Industri Nasional. Kemudian Badan Pertimbangan Telekomunikasi, Komisi Nasional Lanjut Usia, Badan Olahraga Profesional Indonesia, serta Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id