comscore

KPU Tetap Mengusulkan Pemilu 2024 Digelar 21 Februari

Kautsar Widya Prabowo - 13 November 2021 21:39 WIB
KPU Tetap Mengusulkan Pemilu 2024 Digelar 21 Februari
Ilustrasi pilkada. Medcom.id
Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan usulan jadwal pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tidak berubah. KPU tetap menginginkan pesta demokrasi digelar Februari 2024.

"KPU dengan mempertimbangkan peraturan perundang-undangan dan berbagai faktor lainnya, seperti penyelenggara, tahapan, dan lainnya, sampai hari ini usulan KPU, pemilu (dilaksanakan) 21 Februari," ujar Komisioner KPU I Dewa Raka Sandi kepada Medcom.id, Sabtu, 13 November 2021.
Dewa menjelaskan penentuan jadwal tahapan pemilu merupakan kewenangan KPU. Namun, pihaknya berusaha terbuka dan mendengar masukan baik dari pemerintah dan DPR.

"Harapan kami ada solusi dan pada saatnya nanti memang semua pihak dapat menyepakati apa yang memang telah menjadi kajian dan pertimbangan dalam proses perancangan tahapan (Pemilu 2024)," tutur dia.

Saat ini KPU tengah menunggu jadwal rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II terkait penetapan jadwal Pemilu 2024. Dewa menyebut KPU telah mengantongi kajian yang kuat dalam mengusulkan waktu pelaksanaan Pemilu 2024.

Sebelumnya, KPU menyebut beban penyelenggara terlalu berat bila pemungutan suara pemilu digelar 15 Mei 2024 dan pilkada digelar November 2024. KPU butuh persiapan cukup.
 
"Yang paling penting bagi KPU, masing-masing tahapan pemilu cukup waktunya," kata anggota KPU Pramono Ubaid Tanthowi di Jakarta, Kamis, 3 November 2021.

Pramono menjelaskan bila penyelenggaraan pemilu pada Mei 2024 dan pilkada pada November 2024, waktu dari pemungutan suara pemilu ke tahapan awal pilkada sangat singkat. Bahkan, tahapan awal pilkada bersamaan dengan hari pemungutan suara pemilu.

KPU berharap jadwal pemungutan suara pilkada bisa digeser menjadi Februari 2025 bila opsi pemilu tetap pada 15 Mei 2024. Bila pilkada tetap ingin digelar November 2024, KPU ingin pemungutan suara pemilu nasional digelar Februari 2024. Sehingga, penyelenggaraan keduanya tidak saling tumpang tindih.

Baca: Komisioner KPU Didesak Tegas Soal Jadwal Pemilu 2024
 

(REN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id