Makin Tinggi Risiko Covid-19, Makin Sedikit ASN Ngantor

    Antara - 09 September 2020 02:00 WIB
    Makin Tinggi Risiko Covid-19, Makin Sedikit ASN <i>Ngantor</i>
    ASN. Foto: MI/Ramdani
    Jakarta: Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Tjahjo Kumolo, menyesuaikan sistem kerja aparatur sipil negara (ASN). Pegawai negeri sipil (PNS) yang masuk ke kantor diatur berdasarkan zonasi penyebaran virus korona.

    "Penyesuaian sistem kerja pegawai ASN dilakukan untuk menjamin penyelenggaraan pemerintahan berjalan dengan baik dan mencegah terjadinya penyebaran covid-19 di lingkungan instansi pemerintah," kata Tjahjo dalam pernyataan tertulis, Selasa, 8 September 2020.

    Menurut dia, pemerintah harus memprioritaskan kesehatan ASN. Namun, demi tetap berkinerja maksimal, penyesuaian sistem kerja ASN dilakukan dengan pendekatan flexible working arrangement, yaitu fleksibilitas di dalam pengaturan lokasi bekerja maupun dalam waktu bekerja.

    Melalui skema pengaturan kerja yang lentur, pegawai ASN dapat bekerja di kantor atau bekerja di rumah/tempat tinggal. Hal itu dicantumkan dalam Surat Edaran (SE) Menteri PAN-RB Nomor 58/2020 sebagaimana telah diubah dengan SE Menteri PAN-RB Nomor 67/2020.

    SE Nomor 67/2020 menegaskan pejabat pembina kepegawaian (PPK) dapat mengatur jumlah pegawai yang bertugas di kantor maupun di rumah. Hal ini dilakukan dengan memperhatikan zona risiko penyebaran covid-19 yang ditetapkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

    Per Minggu, 30 Agustus 2020, ada 65 kabupaten/kota dengan risiko tinggi, 230 kabupaten/kota dengan risiko sedang, dan 151 kabupaten/kota dengan risiko rendah. Sementara itu, 42 kabupaten/kota tidak memiliki kasus, dan 26 kabupaten/kota tidak terdampak.

    "Oleh karena itu, kami meminta agar PPK dalam membagi WFH (work from home) dan WFO (work from office) secara aktif memantau pergerakan/perubahan zona risiko pada lokasi Instansi pemerintah yang bersangkutan," jelas Tjahjo.
     

    • Halaman :
    • 1
    • 2
    Read All


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id