Usia di Bawah 45 Tahun Bekerja Picu Peningkatan Mobilitas Masyarakat

    Kautsar Widya Prabowo - 19 Mei 2020 09:29 WIB
    Usia di Bawah 45 Tahun Bekerja Picu Peningkatan Mobilitas Masyarakat
    Ilustrasi PSBB. Medcom.id
    Jakrta: Kebijakan pemerintah memperbolehkan warga berusia di bawah 45 tahun kembali bekerja dinilai akan memicu tingginya mobilitas masyarakat. Aktivitas masyarakat diprediksi kembali normal seperti sebelum pandemi virus korona (covid-19).

    "(Nanti) tidak ada lagi pembatasan sosial berskala besar (PSBB), adanya PSBB yang sangat minimalis," ujar anggota Ombudsman Laode Ida kepada Medcom.id, Senin, 18 Mei 2020.

    Laode menyebut upaya relakasi PSBB dapat berdampak negatif terhadap upaya bersama memerangi covid-19. Penyeberan pandemi virus korona dikhawatirkan semakin meningkat.

    "Dua sampai tiga hari terjadi peningkatan jumlah yang terinfeksi (covid-19). Apalagi akan dibebasin, semakin tidak terkendali penyebaran virus itu," tutur dia.

    (Baca: Usia 45 tahun ke Bawah Boleh Bekerja hanya di 11 Sektor)

    Pemerintah diminta mematangkan rencana tersebut. "Kalau ini akan dijadikan menyeluruh, Ombudsman tidak bisa berbuat apa-apa. Sudah menjadi kebijakan pemerintah," kata dia.

    Pemerintah berencana melonggarkan aturan PSBB. Namun, rencana masih dikaji.

    "Tadi difokuskan upaya kita untuk mengurangi PSBB dalam rangka meningkatkan atau memulihkan produktivitas," kata Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Jakarta Pusat, Senin, 18 Mei 2020.

    Muhadjir menegaskan pemerintah tak mau sembarangan mengambil keputusan yang dapat berimplikasi pada pengendalian covid-19. Pemerintah bakal melibatkan banyak pihak untuk mengkaji pelonggaran PSBB ini.



    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id