comscore

Pemilihan Anies Sebagai Capres NasDem Dinilai Paling Realistis

Anggi Tondi Martaon - 26 Juni 2022 17:30 WIB
Pemilihan Anies Sebagai Capres NasDem Dinilai Paling Realistis
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan/Medcom.id/Candra
Jakarta: Partai NasDem memiliki tiga calon presiden (capres) 2024, yaitu Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Andika Perkasa. Dari ketiga tokoh tersebut, Gubenur Jakarta itu dinilai memiliki potensi besar diusung NasDem.

"Bagi NasDem yang paling realistis itu adalah mendukung Anies daripada Ganjar maupun Andika," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, saat dihubungi, Minggu, 26 Juni 2022.
Menurut dia, ada sejumlah pertimbangan kenapa Anies terdepan sebagai capres NasDem. Pertama, pengusungan Ganjar dinilai berat karena sangat lekat dengan PDI Perjuangan .

"Kalau NasDem mendukung Ganjar maka yang terlihat itu bukan wajah NasDem, tapi Ganjar sangat terlihat sebagai sosok yang sangat identik dengan PDI Perjuangan," ungkap dia.

Sedangkan kendala terbesar pengusungan Andika karena masih berstatus TNI aktif. Andika pensiun dari angkatan bersenjata pada 21 Desember 2022 nanti. 

"Sebagai Panglima TNI yang itu tidak diperbolehkan untuk masuk dalam politik praktis," sebut dia.
 

Baca: 3 Capres Hasil Rakernas NasDem Beri Respons Positif


Dengan berbagai pertimbangan tersebut, hanya Anies yang dianggap memiliki peluang besar yang dipilih NasDem sebagai capres. Apalagi, kedua pihak memiliki kebersamaan pada masa lalu, yaitu Anies menjadi salah satu bagian deklarasi Organisasi Masyarakat (Ormas) NasDem pada 1 Februari 2010. 

"Maka dalam konteks ini lah Anies akan menjadi pilihan yang paling rasional di antara tiga mama yang diusung NasDem," ujar dia


(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id