PDIP Bantah Lakukan Penambahan Suara di Sulawesi Barat

    Sri Yanti Nainggolan - 30 Juli 2019 01:45 WIB
    PDIP Bantah Lakukan Penambahan Suara di Sulawesi Barat
    Ilustrasi/Medcom.id.
    Jakarta: PDIP membantah melakukan penambahan suara di Kecamatan Bambalamotu, Kabupaten Pasangkayu, Sulawesi Barat. Walaupun ada coretan dalam berkas C1, PIDP yakin tidak ada manupulasi di dalamnya. 

    Saksi mandat NasDem Kecamatan Bambalamotu Saharudin menyebutkan adanya perubahan angka pada PDIP di TPS 8 Randomayang. Saat di C1 PDIP 0 suara tetapi di PPK menjadi 25 suara. 

    "Sebelumnya ditulis 26 kemudian dicoret menjadi 25, kami keberatan. Kami berpatokan pada C1 plano dan minta dicocokkan dengan membuka kotak surat. Namun tak diindahkan," papar Saharudin dalam sidang PHPU Legislatif di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Senin, 29 Juli 2019. 

    Saksi termohon Ketua KPU Pasangkayu Syahran Ahmad mengungkapkan bahwa hasil rekapitulsi di kabupaten maupun kecamatan tidak berbeda. Dia bilang tidak ada penambahan atau pengurangan dari dua hasil tersebut. 

    "Tapi pihak NasDem tetap ajukan keberatan, minta pungut suara ulang. Smenetara tak ada rekomendasi dari Bawaslu (untuk PSU)," tambah dia. 

    Sulfan Sulo dari Bawaslu menjelaskan bahwa pihak NasDem memang melakukan laporan terkait penambahan suara di Kabupaten Pasangkayu. Namun, mereka belum bisa tanda tangan karena belum ada bukti yang cukup. 

    "Ada laporan berdasarkan C1 plano memang jumlahnya 25 suara, setelah memeriksa semua saksi KPPS dan saksi parpol, dan memang ada perubahan dari 26 ke 25 karena kesalahan di jumlah partai. Ini diakui sendiri oeh PDIP," tutur Sulfan. 

    Kesalahan tersebut sudah dikoreksi saat rekapitulasi dan sudah diurus hingga Sentra Gakkumdu terkait pembuatan yang idak benar. Hasilnya, KPPS diberi teguran karena memberikan C1 yang tidak sesuai pada peserta pemilu. 



    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id