Sidang Gugatan Eks Caleg Gerindra Ditunda

    Ilham Pratama Putra - 07 November 2019 18:54 WIB
    Sidang Gugatan Eks Caleg Gerindra Ditunda
    Sidang gugatan kader Partai Gerindra. Foto: Medcom.id/Ilham Pratama
    Jakarta: Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menunda sidang lanjutan gugatan perdata eks caleg Partai Gerindra. Sidang mengagendakan mediasi. 

    "Jadi dengan ketidakhadiran KPU (Komisi Pemilihan Umum) itu, apa tidak serius? Apa menganggap ini masalah sepele? Karena (legislator) sudah dilantik, atau bagaimana?," kata Aris Septiono, kuasa hukum salah satu penggugat, eks caleg partai Gerindra, Sigit Ibnugroho Saraspromo, di PN Jakarta Selatan, Kamis, 7 November 2019. 

    Mediasi ditunda hingga 14 November 2019. Aris berharap pada mediasi berikutnya seluruh pihak hadir. Hal itu buat memberi hak konstitusional pada pihak yang dirugikan. 

    "Hak dari klien kami jadi anggota DPR yang kemudian dipecat menjelang pelantikan. Kalau bicara hak, ya kembalikan haknya, harkat martabatnya nama baiknya, Karena sudah dipecat," kata dia.

    Dua sidang gugatan kader Gerindra lainnya, Fahrul Rozi dan Yusid Toyib juga ditunda. Hal itu lantaran pihak KPU tak hadir.

    "Sidang ditunda sampai 21 November," kata Ketua Majelis Hakim Joni dalam persidangan. 

    Sejumlah eks caleg Gerindra menggugat partai besutan Prabowo Subianto itu ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Mereka kecewa lantaran partai melakukan pemecatan sebelum pelantikan. 

    Nama para eks caleg itu kemudian diganti sejumlah orang. Mulan Jameela (Dapil Jabar XI) menggantikan Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi; Katherine (Dapil Kalbar I) menggantikan Yusid Toyib; Yan Parmenas Mandenas (Dapil Papua); menggantikan Steven Abraham; dan Sugiono (Dapil Jateng I) menggantikan Sigit Ibnugroho Saraspromo.






    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id