Anggaran Beli Kapal Bakamla Segera Cair

    Media Indonesia - 17 Januari 2020 09:50 WIB
    Anggaran Beli Kapal Bakamla Segera Cair
    Ilustrasi: Medcom.id
    Jakarta: Menteri Pertahanan Prabowo Subianto segera mencairkan anggaran belanja kapal untuk Badan Keamanan Laut (Bakamla) yang akan ditempatkan di Natuna, Kepulauan Riau. Langkah tersebut diambil menyusul adanya persoalan teritorial di kepulauan itu.

    "Kita mendorong supaya one command in the sea, satu komando di laut. Dalam hal ini, yang didorong coast guard, coast guard kita Bakamla. Makanya Pak Prabowo memutuskan anggaran belanja kapal-kapal untuk Bakamla disegerakan," kata Staf Khusus Bidang Komunikasi Publik dan Hubungan Antarlembaga Kementerian Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak seperti diberitakan Media Indonesia, Jumat, 17 Januari 2020.

    Dahnil menjelaskan perbedaan fungsi operasi Bakamla dan TNI Angkatan Laut (AL). Bakamla bertugas untuk menjaga hak berdaulat terkait sumber daya laut, sedangkan TNI-AL menjaga kedaulatan.

    Komisi I DPR berkunjung ke ke wilayah perairan Natuna Utara, Kamis, 16 Januari 2020. Mereka ingin memastikan kapal-kapal Tiongkok penangkap ikan ilegal sudah keluar dari zona ekonomi eksklusif (ZEE) perairan Indonesia.

    Kunjungan yang dipimpin Ketua Komisi I DPR RI Meutya Hafid itu juga untuk memberi dukungan kepada mitra-mitra kerja Komisi I DPR yang bertugas di lapangan. Dia mengapresiasi TNI dan Bakamla yang telah siap siaga menjaga perairan Natuna.

    Pakar hukum internasional Hikmahanto Juwana mengatakan pemerintah perlu perlahan mengurangi tugas TNI Angkatan Laut di Natuna. Sementara itu, peran kapal-kapal penjaga pantai harus diperkuat. 

    "Karena banyak negara tetangga yang bertanya di wilayah ZEE kok banyak kapal militer (TNI) seolah mau perang," kata Hikmahanto.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id