comscore

Pemerintah Berkomitmen Percepat Pembangunan Papua

Antara - 01 November 2021 13:09 WIB
Pemerintah Berkomitmen Percepat Pembangunan Papua
Wapres Ma'ruf Amin bakal memimpin rapat koordinasi (rakor) penanggulangan kemiskinan ekstrem di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Jateng. Foto: MI/Adam Dwi
Jakarta: Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan pemerintah berkomitmen mempercepat pembangunan di Papua dan Papua Barat. Berbagai kebijakan afirmasi terus dikeluarkan.

"Pemerintah akan terus melanjutkan pembangunan seperti yang sudah digariskan terkait dalam inpres maupun undang-undang untuk meningkatkan kesejahteraan dalam bingkai NKRI, untuk menjadikan Papua aman dan sejahtera," kata Ma'ruf Amin saat memimpin rapat tentang Papua dari rumah dinasnya di Jakarta, Senin, 1 November 2021.
Menurut dia, pemerintah telah menangani sebaik-baiknya fungsi konstitusional untuk pembangunan Papua dan Papua Barat. Terkait kondisi keamanan di Papua, dia mengatakan situasi setempat sudah aman, terlebih dengan adanya Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX.

Baca: Ma'ruf Amin: Kekerasan di Papua Harus Segera Diatasi

"Acara PON XX kemarin juga berlangsung dengan sukses dan Papernas (Pekan Paralimpiade Nasional) XVI yang akan dimulai 5 (November) juga akan berlangsung aman dan terkendali," jelasnya.

Untuk kondisi keamanan lebih lanjut, dia meminta Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Mahfud MD, berkoordinasi dengan TNI, Polri, dan Badan Intelijen Negara. Aparat diminta melindungi warga sipil serta menegakkan hukum dan keamanan.

Sementara itu, terkait kondisi pengungsi di Papua, dia meminta Menteri Kesehatan Budi Sadikin dan Menteri Sosial Tri Rismaharini saling berkoordinasi. Masalah kesehatan dan sosial pengungsi perlu ditangani dengan baik.

"Kemensos dan Kemenkes harus segera mengambil langkah," ujar dia.

(OGI)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id