Ratusan Triliun Rupiah Digelontorkan untuk Bantuan Sosial Selama Pandemi

    Theofilus Ifan Sucipto - 30 September 2020 11:07 WIB
    Ratusan Triliun Rupiah Digelontorkan untuk Bantuan Sosial Selama Pandemi
    Presiden Joko Widodo/Dok Biro Pers Sekretariat Kepresidenan
    Jakarta: Pemerintah telah menggelontorkan ratusan triliun rupiah untuk perlindungan sosial selama pandemi covid-19. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut distribusi dana sebagai komitmen pemerintah di bidang ekonomi.

    “Di tengah upaya dan kerja keras kita semua menangani masalah kesehatan di masa pandemi covid-19 ini, pemerintah juga bekerja keras untuk menjaga dan memulihkan ekonomi nasional,” kata Presiden Joko Widodo dikutip dari akun Instagram @jokowi, Rabu, 30 September 2020.

    Kepala Negara memerinci berbagai bentuk perlindungan sosial serta jumlah penerimanya. Pertama, Rp29,133 triliun disalurkan melalui program keluarga harapan (PKH) kepada 10 juta penerima manfaat.

    Kemudian Rp30,978 triliun disalurkan melalui program sembako kepada 19,41 juta penerima manfaat. Selain itu, Rp4,407 triliun didistribusikan lewat program sembako di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) kepada 1,9 juta penerima manfaat.

    Baca: Jokowi Beri Bantuan Modal Rp2,4 Juta ke Penjual Odading

    Berikutnya Rp24,787 triliun program bantuan sosial (bansos) tunai di luar Jabodetabek diberikan kepada 9,1 juta penerima manfaat. Selanjutnya adalah program kartu prakerja yang disalurkan kepada 4,86 juta penerima manfaat.

    “Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sebesar Rp11,730 triliun juga sudah diberikan kepada 7,55 juta penerima manfaat,” ujar Jokowi.

    Perlindungan sosial juga menyasar usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Dana Rp14,183 triliun telah disalurkan kepada 5,9 juta pelaku UMKM.

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id