Pemerintah Harus Serius Bangun Infrastruktur Penyiaran di Daerah 3T

    Kautsar Widya Prabowo - 23 November 2020 23:51 WIB
    Pemerintah Harus Serius Bangun Infrastruktur Penyiaran di Daerah 3T
    Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat. Medcom.id/Fachri Audia Hafiez.
    Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mengatakan pembangunan infrastruktur penyiaran di daerah terluar, terpencil, dan tertinggal (3T) harus menjadi perhatian serius pemerintah. Sebab, daerah tersebut minim mendapatkan informasi terkait perkembangan Indonesia.

    "Wilayah perbatasan masih banyak terjadi luberan informasi dari negara tetangga," ujar Lestari dalam diskusi daring terkait Digitalisasi Penyiaran di Indonesia yang digelar Komisi Penyiaran Indonesia bekerjasama dengan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Senin, 23 November 2020.

    Lestari menyebut membangun industri penyiaran digital tidak melulu agar siaran televisi dapat dinikmati oleh masyarakat. Melainkan memiliki peran untuk menangkal informasi-informasi sumbang atau hoaks.

    "Media penyiaran memang punya kemampuan untuk menetralisir berita yang salah dan cenderung menciptakan hoaks," tuturnya.

    Baca: Menkominfo Johnny G. Plate Resmikan 18 BTS 4G di Labuan Bajo

    Tantangan penyiaran digital di masa datang, menurut Rerie, antara lain perlu penguatan informasi dan konten digital yang bertujuan membangun nasionalisme bangsa. Hal tersebut dilakukan melalui konten yang mengandung nilai kebangsaan.

    Seperti nilai-nilai pada Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dengan tata kelola yang baik industri penyiaran digital diharapkan mampu mendorong pembangunan ekonomi di wilayah 3T.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id