Lestari Moerdijat: Kajian Borobudur Menjadi Pusat Musik Dunia Harus Didukung

    Candra Yuri Nuralam - 08 April 2021 17:24 WIB
    Lestari Moerdijat: Kajian Borobudur Menjadi Pusat Musik Dunia Harus Didukung
    Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat. Dok. Pribadi



    Jakarta: Wakil Ketua MPR, Lestari Moerdijat, mengatakan upaya menjadikan cagar budaya, Candi Borobudur, sebagai pusat musik dunia sudah sangat tepat. Wilayah Borobudur dinilai bisa menjadi inspirasi menarik untuk perubahan seni budaya lainnya.

    "Karena itu upaya mengkaji kawasan cagar budaya Borobudur sebagai pusat musik dunia merupakan inisiatif yang harus didukung bersama," tutur Lestari saat berbicara secara daring di seminar dan lokakarya bertema Borobudur Pusat Musik Dunia, Kamis, 8 April 2021.






    Dia meminta upaya itu dilakukan secara konsisten. Dia juga meminta cagar budaya terus mendapatkan perlindungan, pengembangan, dan pemanfaatan.

    "Dengan dasar pemikiran itu, Candi Borobudur dimungkinkan menjadi subjek yang membawa setiap orang menjadi lebih empati, produktif, dan kreatif. Sehingga, candi peninggalan Kerajaan Mataram kuno itu juga bisa sebagai sumber inspirasi, ilmu pengetahuan, spiritual, kultural, dan religiositas," tuturnya.

    Baca: Cagar Budaya, Bangunan dan Patung Relief Sarinah Bakal Dipertahankan

    Menurut dia, Candi Borobudur bisa menjadi acuan masyarakat dalam menghadapi tantangan. Dia mengatakan peninggalan sejarah dan warisan budaya menjadi acuan pembuatan empat konsensus kebangsaan, seperti UUD 1945, Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

    Atas dasar itu seluruh masyarakat harus menghargai budaya dan sejarah. "Nilai kebinekaan, gotong-royong, musyawarah untuk mufakat dan berbagai nilai-nilai yang berkembang pada peradaban masa lalu, merupakan sejumlah nilai yang diwarisi para leluhur kita," ujar Lestari.

    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id