RUU Cipta Lapangan Kerja Diharapkan Kurangi Pengangguran

    Nur Azizah - 01 Februari 2020 17:57 WIB
    RUU Cipta Lapangan Kerja Diharapkan Kurangi Pengangguran
    Pakar Ketenagakerjaan Payaman Simanjuntak. Foto: Medcom.id/Nur Azizah
    Jakarta: Pakar Ketenagakerjaan Payaman Simanjuntak berharap Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (Ciptaker) dapat mengurangi angka pengangguran hingga empat persen. Dengan begitu, pertumbuhan ekonomi nasional akan meningkat.

    "Kalau kita lihat komitmen pemerintah dan DPR kita optimistis omnibus law ini sangat bagus mendukung pertumbuhan ekonomi nasional," kata Payaman dalam diskusi di Kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Sabtu, 1 Februari 2020.

    Payaman juga optimistis produk hukum itu bakal meningkatkan iklim investasi yang baik. RUU Cipta Lapangan Kerja bisa mengundang investor dari luar negeri. "Investasi ini bisa penyerapan tenaga kerja," tutur dia.

    Pakar dari Universitas Indonesia ini mengingatkan pemerintah agar tidak gampang terbuai. Ia tak ingin RUU itu hanya berakhir menjadi dokumen tanpa ada implementasi.

    "Harus ciptakan suasana yang bagus agar investor bekerja sebaik-baiknya. Begitu juga dengan buruh," ujar Payaman.

    Ddraf RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja bakal disetor pemerintah ke DPR pada Senin, 3 Februari 2020. Ketua Komisi IX DPR Melki Laka Lena mengatakan bakal mengebut pembahasan tersebut usai draf diterima.

    Melki tak menutup kemungkinan naskah tersebut langsung dibawa ke rapat paripurna. Sedangkan, untuk tiga RUU omnibus law lainnya seperti RUU Ibu Kota, Kefarmasian, dan Perpajakan masih menunggu naskah diserahkan.

    "Kalau RUU Cipta Lapangan Kerja bisa langsung dibahas di paripurna, kan hari Senin kita ada agenda paripurna. Kalau sudah paripurna bisa masuk pembahasan intern di DPR," kata Melki.





    (AGA)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id