Jokowi Perintahkan Gugus Tugas Tingkat Daerah Diperkuat

    Nur Azizah - 18 Mei 2020 14:01 WIB
    Jokowi Perintahkan Gugus Tugas Tingkat Daerah Diperkuat
    Presiden Joko Widodo/Medcom.id/Ilham.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo memerintahkan seluruh kepala daerah memperkuat gugus tugas tingkat daerah. Begitu juga peran masyarakat paling bawah, termasuk kepala adat.

    "Saya minta kepada menteri terkait, seluruh kepala daerah untuk memperkuat gugus tugas tingkat daerah, RT, RW atau desa," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 18 Mei 2020.

    Menurutnya, hal ini efektif dalam mengendalikan covid-19 di tengah masyarakat. Cara ini telah berhasil diterapkan Provinsi Bali.

    "Laporan yang saya terima dari para gubernur baik yang menerapkan PSBB maupun yang tidak menerapkan PSBB, memang kesimpulannya adalah yang paling efektif dalam pengendalian penyebaran covid-19 adalah unit masyarakt yang paling bawah," ujarnya.

    Baca: Jokowi Perintahkan Polemik Data Bansos Segera Diselesaikan

    Bali salah satu provinsi yang berhasil menekan laju pertumbuhan covid-19 tanpa menerapkan pembatasan sosial berskala besa (PSBB). Pada Selasa, 12 Mei 2020, jumlah pasien positif di Bali sekitar 314 orang.

    Adapun jumlah pasien sembuh sekitar 210 orang atau 67 persen.Sedangkan kasus pasien meninggal ada empat orang atau 1,27 persen. Cara Bali dengan menggerakkan desa adat terbukti efektif.

    "Pasien di RS banyak yang sembuh dan tidak ada penambahan angka kematian. tentu ini harus kita hargai. Walaupun Bali memutuskan tidak memilih PSBB, tapi Bali telah melakukan upaya maksimal dengan memanfaatkan kearifan lokal, menggerakkan desa adat, gotong royong berbasis adat," kata Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo.



    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id