Pendaftar Haji Menurun 50 Persen Selama Covid-19

    Theofilus Ifan Sucipto - 06 Juli 2020 16:49 WIB
    Pendaftar Haji Menurun 50 Persen Selama Covid-19
    Kepala Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu. Foto: Medcom.id/Eko Nordiansyah.
    Jakarta: Jumlah pendaftar haji berkurang sangat signifikan selama pandemi virus korona (covid-19). Bahkan, ada yang menunda keberangkatan ke Tanah Suci.

    “Jumlah pendaftar baru turun sampai 50 persen,” kata Kepala Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) Anggito Abimanyu di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin, 6 Juli 2020.

    Anggito mengatakan minimnya pendaftar haji berdampak signifikan pada keuangan haji. Dia menyebut dana kelolaan bisa mengalami peningkatan, namun cenderung ke arah penurunan.

    Musababnya, 50 persen calon jemaah mendaftar sebelum pandemi covid-19. Pascaditerpa pandemi, sebagian dari mereka ada yang membatalkan perjalanan.

    “Ini tantangan yang cukup berat bagi keuangan haji,” ujar Anggito.

    Baca: BPKH Kelola Rp2,3 Triliun Biaya Pelunasan Haji 2020

    Sebanyak 647 jemaah telah mengajukan pengembalian setoran pelunasan biaya perjalanan ibadah Haji (Bipih). Hal ini menyusul keputusan pembatalan pengiriman jemaah Indonesia ke Arab Saudi oleh Kementerian Agama (Kemenag).
     
    "Sejak 3 Juni 2020 atau sehari setelah pengumuman pembatalan keberangkatan, sampai hari ini sudah 647 jemaah ajukan pengembalian setoran pelunasan," kata Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag, Muhajirin, dalam keterangan pers, Rabu, 24 Juni 2020.

    Jemaah yang mengajukan permohonan pengembalian setoran pelunasan tersebar di 34 provinsi. Lima provinsi dengan jumlah pengajuan terbesar yakni Jawa Timur sebanyak 124 jemaah, Jawa Tengah 111 jemaah, Jawa Barat 99 jemaah, Sumatra Utara 48 jemaah, dan Lampung 36 jemaah.

    (AZF)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id