comscore

Survei Kepercayaan Publik, Indonesia Posisi Keempat di Dunia

Anggi Tondi Martaon - 20 Januari 2022 14:54 WIB
Survei Kepercayaan Publik, Indonesia Posisi Keempat di Dunia
Ilustrasi. Medcom.id
Jakarta: Survei tingkat kepercayaan publik pada pemerintah Indonesia menempati posisi empat di dunia. Hal tersebut diungkap lembaga Edelman.

"Indonesia memiliki tingkat kepercayaan sebesar 76 persen, naik 6 persen dari tahun sebelumnya. Tertinggi ada Tiongkok 91 persen, Uni Emirat Arab 87 persen, Arab Saudi 82 persen, dan Indonesia," demikian pernyataan tertulis survei Edelman Trust Barometer, Kamis, 20 Januari 2022.

 



Survei dengan 36.000 responden di 28 negara ini membeberkan Indonesia di posisi ketiga terkait kepercayaan publik terhadap demokrasi. "Publik di Indonesia memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi terhadap demokrasi, bahkan melampaui negara-negara maju," demikian dikutip dari keterangan tertulis itu.

Dalam kategori ini, Tiongkok menempat urutan pertama, disusul UEA. Tahun ini, Indonesia mendapat skor rata-rata 75, naik 3 poin ketimbang survei tahun lalu.

Sementara itu, Tiongkok mencapai skor 83 dan skor UEA ada di angka 76. "Uniknya, publik di negara maju, seperti Jerman, Amerika Serikat (AS), dan Rusia berada pada kelompok distrust atau tidak percaya terhadap demokrasi di negaranya," demikian bunyi keterangan tertulis itu.

Sebanyak 39 persen responden membeberkan ketidakpercayaan pada demokrasi di AS. Jepang 36 persen dan Argentina 22 persen.

Baca: Survei: Optimisme Pemulihan Ekonomi Masyarakat RI Lebih Tinggi dari Negara ASEAN Lain

Di bidang bisnis, Indonesia berada di peringkat kedua setelah Tiongkok. Sebanyak 81 persen menyatakan masyarakat Indonesia memercayai pengelolaan bisnis pemerintah, naik 3 persen dari tahun sebelumnya.

Pada bidang Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), tingkat kepercayaan Indonesia berada pada peringkat kelima. Sebanyak 70 persen publik memercayai hal itu.

Indonesia juga berada pada posisi kedua dalam bidang kepercayaan terhadap media. Tercatat Indonesia memiliki tingkat kepercayaan 73 persen, naik 1 persen dari tahun lalu.

Di sisi lain, Indonesia berada di posisi tinggi yang cemas akan fake news atau berita hoaks, dengan persentase 83 persen di posisi kedua. Posisi pertama ada Spanyol dengan tingkat kecemasan sebesar 84 persen.

Edelman Trust Barometer sendiri merupakan survei kepercayaan dan kredibilitas tahunan terhadap demokrasi. Variabelnya mencakup bidang bisnis, pemerintahan, NGO (Lembaga Swadaya Masyarakat), dan media.

Survei ini mencakup 28 negara dengan lebih dari 36.000 responden. Survei dilakukan melalui wawancara secara online antara 1 hingga 24 November 2021.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id