comscore

MPR: Transisi Pandemi ke Endemi Perlu Kajian Mendalam

Antara - 04 Maret 2022 20:14 WIB
MPR: Transisi Pandemi ke Endemi Perlu Kajian Mendalam
Ketua MPR, Bambang Soesatyo. Foto: Medcom.id
Jakarta: Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai wacana perubahan status pandemi covid-19 menjadi endemi di Indonesia perlu kajian mendalam dan komprehensif. Pemerintah diimbau tidak tergesa-gesa dalam memutuskan perubahan status tersebut.

"Saya meminta pemerintah tidak tergesa-gesa dalam memutuskan status pandemi ke status endemi dan harus memperhatikan aspek kehati-hatian, jangan sampai keputusan yang diambil di kemudian hari membuat Indonesia kembali ke situasi awal pandemi," kata Bamsoet dilansir Antara, Jumat, 4 Maret 2022.
Baca: Dampak Long Covid pada Kemampuan Pendengaran

Bamsoet menerangkan kajian yang dilakukan perlu didukung data-data ilmiah dan empiris. Serta analisis pakar yang menunjukkan kondisi pandemi terus membaik.

"Pemerintah perlu berkomitmen untuk terus memantau secara rinci terkait perkembangan covid-19 di Indonesia dan termasuk memantau juga perkembangan covid-19 di negara lain. Selain itu untuk terus berupaya mengendalikan pandemi di Tanah Air, agar status endemi dapat terealisasi," ujarnya.

Bamsoet juga menyoroti peningkatan jumlah daerah yang berada pada PPKM level 4, dari semula 4 daerah menjadi 7 daerah yaitu Kota Cilegon, Sukabumi, Cirebon, Tegal, Salatiga,  Magelang, dan Madiun. Dia meminta pemerintah pusat menginstruksikan ke pemerintah daerah di masing-masing wilayah untuk mengevaluasi secara menyeluruh kebijakan PPKM.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id