comscore

Populer Nasional: Nasib Pembahasan RUU IKN Hingga Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Achmad Zulfikar Fazli - 18 Januari 2022 06:40 WIB
Populer Nasional: Nasib Pembahasan RUU IKN Hingga Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung
Desain ibu kota baru di Kalimantan Timur. MI/M Irfan
Jakarta: Sejumlah isu di Kanal Nasional Medcom.id menjadi yang terpopuler sepanjang Senin, 17 Januari 2022. Mulai dari pembahasan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) hingga proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Berikut tiga artikel terpopuler di Kanal Nasional Medcom.id, kemarin:

1. Pembahasan RUU IKN Diupayakan Rampung Hari ini

Pantia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (Pansus RUU IKN) mengupayakan perampungan pembahasaan RUU IKN pada Senin, 17 Januari 2022. Rapat kerja bersama pemerintah menyepakati rancangan landasan hukum dikebut malam ini.

"Kita upayakan selesai hari ini di panja, terus nanti rencana malam kita pansus rapat kerja dengan pemerintah," ujar Ketua Pansus RUU IKN Ahmad Doli Kurnia di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 17 Januari 2022.
Selain itu, Wakil Ketua RUU Pansus IKN Saan Mustopa menjelaskan rapat RUU IKN hari ini membahas empat klaster, yaitu status daerah, pembiyaan, pertanahan, dan rencana induk. Pihaknya mengupayakan seluruh klaster rampung dibahas hari ini.

"Lihat dari dinamika pembahasannya. Jadi kalau misalnya pembahasannya relatif lancar, tidak ada masalah, selesai nanti sore, malam kita bisa langsung rapat kerja dengan pemerintah," kata Saan.

Selengkapnya baca di sini

2. Menag Tegaskan Tidak Ada Pemberhentian Umrah

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menegaskan pemberangkatan jemaah umrah asal Indonesia tidak dihentikan. Menag memastikan proses tersebut tetap berdasarkan skema kebijakan satu pintu atau one gate policy (OGP).

“Tidak ada pemberhentian umrah. Saya juga sudah meminta kepada Pak Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah agar keberangkatan jemaah tetap menerapkan one gate policy,” tegas Menag saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Senayan, Senin, 17 Januari 2022.

Baca: 13 Anggota Tim Advance Umrah Positif Omicron

Menurut dia, skema tersebut dilakukan agar tak ada pemberangkatan jemaah umrah dari daerah. Menag mengatakan pemberangkatan umrah tak menentang aturan apa pun.

“Jadi kalau sudah mendapat visa, dia berhak ke luar negeri. Tapi pemerintah berhak melakukan pengaturan,” jelas dia.

Selengkapnya baca di sini

3. Presiden: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Harus Bisa Beroperasi Juni 2023

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong seluruh pihak yang terlibat dalam proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mempercepat proses pengerjaan. Saat ini, pembangunan infrastruktur tersebut sudah mencapai 79,9 persen.

"Kita harap di akhir 2022 ini sudah bisa diuji coba dan kemudian pada Juni 2023 bisa kita operasionalkan," ujar Jokowi saat meninjau proyek KCJB di Purwakarta, Jawa Barat, Senin, 17 Januari 2022.

Baca: Tinjau Proyek Kereta Cepat, Luhut Pastikan Pembangunan Konstruksi Aman

Jokowi menuturkan berdasarkan laporan di lapangan, salah satu kendala utama yang dihadapi ialah struktur tanah lempung di salah satu titik pengerjaan, yakni Terowongan 2, Purwakarta. Tanah tersebut membutuhkan pendekatan yang sangat hati-hati karena memiliki tingkat pelapukan tinggi bila terkena air.

Selengkapnya baca di sini

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id