comscore

Jelang Pelaksanaan G20, Kominfo Gelar Pelatihan Protokol Internasional

Achmad Zulfikar Fazli - 25 Mei 2022 17:01 WIB
Jelang Pelaksanaan G20, Kominfo Gelar Pelatihan Protokol Internasional
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar pelatihan etika dan keprotokolan internasional bersama mitra kerja. Dok. Istimewa
Semarang: Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar pelatihan etika dan keprotokolan internasional bersama mitra kerja. Kegiatan ini untuk persiapan pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali.

Director John Robert Powers, Indayati Oetomo, mengatakan protokol dalam acara kenegaraan, seperti G20, saat penting. Perlu kehati-hatian agar tak ada kesalahan menjalankan keprotokolan internasional.
"Karena, sekali kalian salah, itu tidak termaafkan. Apalagi jika berkaitan dengan negara lain. Jadi sebisa mungkin, well prepared, persiapan jauh-jauh hari agar terhindar dari kesalahan nantinya," jelas Indayati, Semarang, Rabu, 25 Mei 2022. 

Sementara itu, Kepala Seksi Pertemuan Internasional Tingkat Menteri dan Pejabat Tinggi lainnya, Goghot Pragotha, mengatakan tanpa pengaturan protokol yang baik, suatu acara tidak akan berjalan sukses.

"Jangankan (membuat acara) dengan negara lain, kita dengan bangsa sendiri juga jika tidak diatur tata acaranya, pasti juga akan berselisih. Apalagi dengan negara lain? Makanya kita harus menempatkan mereka dengan tepat," kata dia.

Dia menegaskan keprotokolan merupakan jantung sebuah acara, terutama acara kenegaraan. Sehingga keberhasilan acara tergantung dari bagaimana protokolnya sebuah acara. 

Gota menjelaskan berbagai keuntungan yang didapat jika bergabung menjadi protokol. Dengan menjadi protokol, semua punya kesempatan untuk ketemu orang-orang baru. 

"Kita akan kenal banyak orang, kita bisa mengenal pejabat tinggi, kita bisa mempelajari sikap maupun cara bicara pejabat tinggi tersebut. Banyak sekali keuntungan yang dapat membuat kita belajar lebih dengan menjadi protokol," ujar dia.

Baca: Presidensi G20, Kominfo Optimalkan Komunikasi Publik ke Media Luar Negeri

Pelatihan dibuka Kepala Subbagian Protokol Kominfo, Tomi Tirta, yang mewakili Kepala Bagian TU Kementerian dan Protokol Kominfo. Dilanjutkan dengan sambutan Ketua Biro Umum Kementerian Komunikasi dan Informasi, Sensilaus Dore, via zoom.

Jumlah peserta yang hadir secara offline sebanyak 65 orang dari berbagai unit kerja yang ada di Kominfo, serta undangan dari berbagai Unit Pelaksana Teknis Kominfo.

Peserta yang hadir secara online sebanyak 120 orang. Sebagian banyak dari berbagai lembaga pemerintahan non-kementerian.

(AZF)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id