comscore

Menteri Baru Ditunjuk Jokowi Diyakini Mampu Bekerja

Whisnu Mardiansyah - 16 Juni 2022 18:09 WIB
Menteri Baru Ditunjuk Jokowi Diyakini Mampu Bekerja
Presiden Joko Widodo melantik dua menteri dan tiga wakil menteri di Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Foto: BPMI Setpres
Jakarta: Presiden Joko Widodo resmi merombak dua posisi menteri dan tiga wakil menteri untuk menyelesaikan dua setengah sisa masa jabatannya. Menteri-menteri yang ditunjuk Jokowi diyakini mampu menyelesaikan tugasnya dengan baik. 

"Pak Jokowi memilih menteri baru menggantikan menteri sebelumnya, tentu bukan asal cap cip cup atau dilotere, tapi berdasarkan penilaian bahwa, orang yang diangkat menjadi menteri memiliki kemampuan untuk menyelesaikan dengan cepat tugas-tugas yang sebagian telah dikerjakan menteri sebelumnya," kata Wakil Ketua Umum Partai Garuda Teddy Gusnaidi di Jakarta, Kamis, 16 Juni 2022. 
Teddy menilai kritik atas penunjukan dua menteri baru dan dua wakil posisi menteri tidak tepat. Pasalnya, mereka belum bekerja dan perlu diberikan kesempatan jika Presiden tidak salah pilih menunjuk mereka. 

"Sebelum reshuffle, ada gerombolan yang sibuk plot berbagai nama dengan berbagai penilaian, sangat berisik, walaupun tidak memiliki kewenangan apapun. Setelah reshuffle dilakukan, ada gerombolan yang berisik dan sibuk mengkritik para menteri baru. Ini jelas ngawur, orang belum kerja kok sudah dikritik?,"ujarnya. 

Baca: Jokowi Lantik 2 Menteri dan 3 Wamen Kabinet Indonesia Maju

Menurut Teddy, kritik terhadap kinerja para pembantu presiden sah-sah saja. Dua setengah tahun harus dibuktikan apakah mampu menjalankan program-program Presiden dan membuktikan presiden tidak salah memilih mereka. 

"Tapi kalau belum bekerja sudah dikritik, selain tidak adil, tentu ini bukan lagi kritik, tapi kebencian dan kebodohan yang dibungkus dengan kata kritik. Ini jelas tidak sehat," ujarnya.

Presiden Joko Widodo melantik dua menteri dan tiga wakil menteri yang akan membantunya dalam pemerintahannya bersama Wakil Presiden Ma’ruf Amin pada sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024. Pelantikan dilangsungkan di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 15 Juni 2022.

Adapun dua menteri yang dilantik adalah Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) serta Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN). Tiga nama wamen yang dilantik yaitu Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri, Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan, dan Raja Juli Antoni sebagai Wamen ATR/Wakil Kepala BPN.

Pelantikan Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 64P Tahun 2022 tentang Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024 yang ditetapkan pada tanggal 15 Juni 2022.

Sementara, pelantikan Wamen berdasarkan Keppres RI Nomor 24 M tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024.

(WHS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id