Ombudsman Temukan Banyak Kekurangan Pelayanan KPK saat Lebaran

    Juven Martua Sitompul - 19 Juni 2019 00:30 WIB
    Ombudsman Temukan Banyak Kekurangan Pelayanan KPK saat Lebaran
    Anggota Ombudsman RI Adrianus Meliala. Foto: Medcom.id/ Fachri Audhia Hafiez
    Jakarta: Ombudsman RI membeberkan temuan saat menggelar inspeksi dadakan (sidak) di sejumlah penyelenggaraan pelayanan publik pada libur hari raya Idulfitri 2019. Beberapa kekurangan pelayanan publik ditemukan Ombudsman saat menggelar sidak tersebut.

    Salah satu temuan kekurangan pelayanan publik terdapat di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Petugas Rutan KPK disebut kurang kompeten dalam memberi informasi.

    "Selain itu pola koordinasi dalam mengambil tindakan atau keputusan di lingkungan Rutan KPK cukup panjang dan lama," kata Komisioner Ombudsman Adrianus Meliala di kantornya, Jakarta, Selasa, 18 Juni 2019.

    Selain itu, menurut Adrianus, KPK juga tidak memberikan lahan parkir bagi para tamu pengunjung. Termasuk, akses jalan masuk yang tidak kondusif di Rutan KPK.

    Ombudsman juga menemukan minimnya pelayanan publik di Rutan Pondok Bambu. Bahkan, pelayanan Rutan Pondok Bambu tidak sesuai standard operasional procedure (SOP) pada mekanisme penggunaan telepon umum.

    "Selain itu ditemukan juga ditemukan belum adanya pengawasan yang dilakukan petugas Rutan ketika tahanan menggunakan telepon umum," ujar dia.

    Kekurangan juga terdapat di Rutan Salemba cabang Kejaksaan Agung (Kejagung). Ombudsman menemukan beberapa ruang sel terbuka dan tahanan keluar masuk sel dengan mudah.

    Hal ini jelas akan menyulitkan tahanan yang sakit. Ombudsman pun menemukan pelayanan publik yang kurang di Rutan Detensi Imigrasi Jakarta, Polsek Cempaka Putih dan RTMC Polda Metro Jaya.

    Atas sejumlah temuan itu, Ombudsman menyarankan agar penyelenggara pelayanan publik memperbaiki kualitas pelayanan. Terpenting, menempatkan petugas yang berkompeten untuk menjaga Lapas atau Rutan.

    "Perlu adanya kehadiran pejabat atau petugas yang kompeten di rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan untuk mengambil keputusan saat libur hari raya," pungkas dia.



    (SCI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id