comscore

Aktif di Medsos, Ganjar Malah Tak Banyak Dipilih Generasi Digital Natives

Kautsar Widya Prabowo - 19 Mei 2022 14:17 WIB
Aktif di Medsos, Ganjar Malah Tak Banyak Dipilih Generasi Digital <i>Natives</i>
Ilustrasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo/MI
Jakarta: Ganjar Pranowo dinilai belum mampu merebut hati generasi natives atau generasi melek teknologi saat Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Padahal, Gubernur Jawa Tengah itu merupakan sosok yang aktif di sosial media. 

"Meskipun dalam rilis berbagai lembaga survei elektabilitas Ganjar cukup tinggi, namun di kalangan digital natives hanya 12,4 persen anak-anak digital natives yang mengaku akan memilih Ganjar jika pilpres dilaksanakan hari ini," ujar peneliti LSJ, Fetra Ardianto dalam rilis surveinya secara daring, Kamis, 19 Mei 2022.
Sebaliknya, Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto yang kurang aktif di media sosial justru menjadi calon presiden (capres) yang banyak dipilih generasi natives. Prabowo menduduki puncak elektabilitas dengan 24,9 persen suara responden.

Fetra menilai Prabowo banyak digandrungi generasi natives karena jarang membuat polemik dipanggung politik nasional. Generasi itu memiliki pemikiran yang rasional bukan emosional.

Baca: Survei: Prabowo Jadi Capres Pilihan Generasi Natives

"Mereka mempresepsikan Prabowo sebagai seorang negarawan yang paham mengatasi berbagai masalah seperti masalah pertahanan dan ekonomi," kata Fetra.

Generasi digital natives merupakan angkatan yang berdampingan dengan teknologi atau mereka yang berusia 15-35 tahun. Generasi ini dipilih lantaran memiliki proporsi berkisar 43,0 persen di Indonesia.

Survei ini dilakukan pada 15-28 April 2022 di 34 Provinsi seluruh Indonesia. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik wawancara tatap muka dengan pedoman kuisioner. 

Sementara, proses penentuan jumlah responden menggunakan metode Lemeshow, diperoleh 1.225 sampel dengan margin of error kurang lebih 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

(ADN)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id