Istana Tak Ambil Pusing Soal Klaim Gatot Nurmantyo

    Nur Azizah - 01 Oktober 2020 11:49 WIB
    Istana Tak Ambil Pusing Soal Klaim Gatot Nurmantyo
    Kepala Kantor Staf Kepresidenan Moeldoko. Foto: MI
    Jakarta: Istana Kepresidenan tak ambil pusing soal pernyataan eks Panglima TNI Gatot Nurmantyo yang mengaku dicopot karena memerintahkan menonton film G30S/PKI. Pernyataan Gatot disebut hanya pendapat subjektif.

    "Tentang pencopotannya, itu pendapat subjektif. Karena itu penilaian subjektif ya boleh-boleh saja, sejauh itu perasaan," kata Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko kepada wartawan, Jakarta, Kamis, 1 Oktober 2020.

    Moeldoko menyebut pendapat Gatot bisa saja berbeda dengan fakta sebenarnya. Dia yakin Presiden Joko Widodo punya alasan lain.

    "Pergantian pucuk pimpinan di sebuah organisasi itu melalui berbagai pertimbangan. Bukan hanya pertimbangan kasuistik tetapi pertimbangan yang lebih komprehensif," kata dia.

    Baca: Gatot Nurmantyo Dinilai Mendramatisasi Pencopotan sebagai Panglima TNI

    Sebelumnya, Anggota Komisi I DPR, Muhammad Farhan, mengatakan pemberhentian mantan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo tidak ada hubungan dengan nonton bersama (nobar) film G30S/PKI. Gatot dinilai terlalu mendramatisasi.

    "Romantisme ketika menghadapi masalah ada dramatisasi bentuk penuturan fakta sejarah. Tapi apakah fakta itu didukung data, kadang-kadang tidak juga," kata Farhan, Minggu, 27 September 2020.

    Farhan mengatakan pemberhentian Gatot wajar lantaran telah memasuki usia pensiun. Gatot diberhentikan saat berusia 57 tahun, usia pensiun perwira tinggi TNI berdasarkan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI.

    Gatot mengeklaim pemberhentian sebagai Panglima TNI lantaran ajakan nobar film G30S/PKI. Gatot menyebut seorang politikus dari PDI Perjuangan mewanti-wanti agar acara nobar dibatalkan. Politikus itu bilang Gatot akan dicopot bila acara itu tetap dilaksanakan.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id