Revisi UU ITE Berpeluang Masuk Prolegnas Prioritas 2021

    Anggi Tondi Martaon - 17 Februari 2021 14:13 WIB
    Revisi UU ITE Berpeluang Masuk Prolegnas Prioritas 2021
    Ilustrasi Medcom.id.
    Jakarta: Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) bergulir. Aturan tersebut berpotensi masuk ke Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2021.

    "Bisa saja (revisi UU ITE masuk Prolegnas Prioritas 2021), bisa," kata Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR Supratman Andi Agtas saat dihubungi, Rabu, 17 Februari 2021.

    Politikus Partai Gerindra itu menyebut mayoritas fraksi mendukung keinginan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar UU ITE direvisi. Namun, dukungan tersebut masih diutarakan secara informal.

    "Beberapa anggota DPR sudah menyampaikan pandangan fraksinya bahwa apa yang disampaikan Presiden adalah sebuah urgensi," kata dia.

    Menurut dia, Baleg bakal membahas wacana revisi UU ITE ini pada masa sidang yang akan datang. Apalagi, Prolegnas Prioritas 2021 belum diparipurnakan.

    Dia mengatakan salah satu kendala Prolegnas Prioritas 2021 belum disahkan karena usulan penundaan revisi Undang-Undang (UU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu. Usulan tersebut disampaikan oleh tujuh dari sembilan fraksi, yakni PDIP, Golkar, Gerindra, NasDem, PKB, PAN, dan PPP. Hanya PKS dan Demokrat yang kukuh Revisi UU Pemilu dilanjutkan.

    Baca: Dua Pasal yang Dianggap Harus Dicabut dari UU ITE

    Namun, dia tidak menjelaskan secara lugas revisi UU Pemilu bakal diganti dengan revisi UU ITE. Keputusan tersebut harus dibicarakan terlebih dahulu dengan pemerintah dan DPD.

    "Dari situ (pembahasan Baleg, pemerintah, dan DPD) kemudian memang sudah berkembang di Baleg untuk revisi UU ITE ini," kata dia.

    Dia menyambut baik keinginan Presiden Jokowi terkait revisi UU ITE. Perbaikan revisi UU ITE harus dilakukan untuk menyehatkan iklim demokrasi.

    "Kalau Presiden Jokowi sudah mengeluarkan statement seperti itu, artinya ada masalah dalam penerapan UU (ITE) tersebut," ujar dia.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id