Pembentukan Tim Koordinasi Terpadu untuk Papua Diapresiasi

    Cindy - 05 Desember 2020 15:26 WIB
    Pembentukan Tim Koordinasi Terpadu untuk Papua Diapresiasi
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Pembentukan Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Papua dan Papua Barat diapresiasi. Pembentukan tim merupakan upaya pemerintah memperpendek birokrasi demi menyelesaikan seluruh persoalan di Bumi Cenderawasih.

    "Tidak usah lagi membentuk badan-badan baru, tinggal implementasinya seperti apa, dilaksanakan secara komprehensif dan tepat sasaran," kata Ketua Froum Komunikasi dan Aspirasi MPRI untuk Papua, Yorrys Raweyai, dalam diskusi daring, Sabtu, 5 Desember 2020.

    Yorrys menuturkan ada dua hal yang dapat dilakukan pemerintah untuk menyelesaikan persoalan Papua. Pertama, pembinaan implementasi dana otonomi khusus (otsus) di luar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

    "Untuk pembangunan secara keseluruhan di Papua itu, harus ada pembinaan-pembinaan, pendamping sehingga ada 'rasa' Papua itu yang akan terasa," ucap dia.

    (Baca: Optimalkan Otsus, Pemerintah Upayakan Kebijakan 'Rasa' Papua)

    Kedua, mengoptimalkan otsus untuk afirmasi dan memproteksi orang asli Papua (OAP). Seperti pendidikan, kesehatan, infrastruktur, dan ekonomi kerakyatan.

    Infrastruktur seperti membangun dan membuka isolasi dari kampung-kampung ke kota. Sementara itu, ekonomi kerakyatan yakni berbasis perekonomian lokal.

    "Empat hal ini yang kemudian pemerintah secara struktural itu melakukan pendampingan baik dari Bappenas serta pemerintah dan pengawasan oleh kita semua," ujar dia.

    Yorrys menuturkan pengawasan oleh seluruh rakyat diperlukan agar tak terjadi penyelewengan dana otsus. Sehingga dana yang disebut sebagai kompensasi politik dalam persoalan masa lalu itu, dipahami dan dirasakan masyarakat Papua.

    "Dengan dana (otsus) yang cukup banyak tapi belum terasa sepenuhnya, kita harus akui itu, dan kita lakukan evaluasi bersama-sama dan secara komprehensif," kata Yorrys.

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id