Pemda Wajib Sampaikan Aspirasi Mahasiswa ke Pusat - Medcom

    Pemda Wajib Sampaikan Aspirasi Mahasiswa ke Pusat

    Ilham Pratama Putra - 26 September 2019 13:53 WIB
    Pemda Wajib Sampaikan Aspirasi Mahasiswa ke Pusat
    Mendagri Tjahjo Kumolo/MI/Bary Fathahilah
    Jakarta: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo memerintahkan seluruh pemerintah daerah, termasuk DPRD mencermati kondisi nasional yang berimbas ke daerah. Unjuk rasa mahasiswa soal polemik rancangan dan revisi undang-undang harus diterima dengan baik.

    "Aspirasi mahasiswa diteruskan kepada DPR maupun pemerintah pusat," tegas Tjahjo di Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Kamis, 26 September 2019.

    Pemda dan DPRD juga wajib menjaga stabilitas politik daerah masing-masing. Aparat negara dari pemprov hingga kelurahan harus bekerja sesuai jam dan tetap memberikan pelayanan publik.

    Namun, koordinasi dengan pihak terkait harus tetap dijalin agar keamanan aktivitas masyarakt terjamin. Pemda wajib berkomunikasi dengan aparat tingkat Polda hingga Polres, Pangdam sampai Danramil, dan Kajati hingga Kajari.

    "Termasuk mengundang tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tetua," tegas dia.

    Tjahjo juga mengingatkan Pemda harus proaktif berkomunikasi dengan pemangku kebijakan bidang pendidikan maupun kesehatan. Mereka diminta mengontrol jajarannya masing-masing agar tak terpovokasi berita bohong (hoaks).

    Provokasi melalui hoaks sempat dibeberkan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto. Ia meminta semua pihak mewaspadai kelompok penyusup dalam demonstrasi dan kemunculan gerakan gelombang baru.

    "Kami sudah tahu ada gerakan gelombang baru yang akan melibatkan kelompok masyarakat," tegas Wiranto.

    Wiranto menjelaskan salah satu kelompok yang disasar ialah pelajar. Hal itu sudah terjadi ketika pelajar sengaja dihadap-hadapkan dengan aparat, Rabu, 25 September 2019.

    Kelompok itu mengharapkan adanya korban dan menyalahkan aparat keamanan. Pada akhirnya, kekacauan muncul dan terbangun ketidakpercayaan kepada pemerintah.

    "Itu sasaran mereka," tegas Wiranto.



    (OJE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id