Kemendagri Siapkan Identitas Digital, Mampu Lacak Penduduk Nonpermanen

    Antara - 09 Juni 2021 01:49 WIB
    Kemendagri Siapkan Identitas Digital, Mampu Lacak Penduduk Nonpermanen
    Ilustrasi: Medcom.id



    Jakarta: Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menyiapkan inovasi identitas digital (digital id) dengan memindahkan data KTP elektronik dari blangko fisik menuju digital. Identitas digital dapat disimpan di ponsel.

    "Misalnya HP itu dalam satu tahun bertempat tinggal di wilayah Sumedang (Jabar), namun KTP elektroniknya beralamat di Sukabumi (Jabar)," kata Zudan dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa, 8 Juni 2021.

     



    Baca: 30 Transgender dari 9 Provinsi Rekam KTP-el di Tangsel

    Menurut dia, bisa disimpulkan, warga tersebut menjadi penduduk nonpermanen di Sumedang jika identitas digital terealisasi. Kemendagri akan dapat melakukan melacak (tracking) penduduk nonpermanen berdasarkan pergerakan HP penduduk berisi digital id tersebut.

    "Secara agregat dan makro hal ini bisa dilakukan untuk mengetahui perbedaan jumlah penduduk Sumedang secara de facto dan de jure,” kata Zudan.

    Selain itu, ia menyampaikan soal pentingnya visi pemerintah mengenai satu data kependudukan. Hal itu untuk mempermudah akses masyarakat terhadap berbagai layanan publik. Dengan satu data kependudukan, semua platform layanan publik dapat menggunakan satu nomor. 

    “Jadi, baik data ijazah, data paspor, data KTP elektronik, data NPWP, data rekening bank, dan lainnya semua sama karena sudah menggunakan satu data kependudukan. Ini yang sedang kami kerjakan,” ujar Zudan.

    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id