Cucu Suhendra Memotret Sosok Surya Paloh Melalui Kolase Koran

    Githa Farahdina - 23 Oktober 2020 08:12 WIB
    Cucu Suhendra Memotret Sosok Surya Paloh Melalui Kolase Koran
    CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib menerima langsung kolase koran Surya Paloh, Oktober 2020/Oje/Medcom.id

    Jakarta: Surya Paloh, politikus senior yang dikenal sukses sebagai pemimpin, menggelitik naluri seni Cucu Suhendra. Alumnus Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Teknologi Bandung (ITB) itu menghabiskan waktu lebih dari satu bulan membuat kolase koran berbentuk wajah Surya Paloh.

    Cucu punya pertimbangan sendiri. Ia memandang Surya Paloh sebagai sosok yang memiliki komitmen besar terhadap bangsa. Chairman Media Group itu dianggap berkontribusi pada negara dan dikenal masyarakat luas.


    “Beliau berwibawa, tegas, dan punya visi. Setiap saya lihat pidatonya, benar-benar jelas visinya ke depan mau apa. Itu saya kagumi,” kata Cucu kepada Medcom.id, Jumat, 16 Oktober 2020.

    Menurut pria kelahiran Jakarta pada 1971 itu, setiap tokoh memiliki semboyan yang melekat. Itu pula yang menjadi ciri khas karya Cucu. 

    CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib dan President Director Metro TV Don Bosco Selamun menerima kolase Surya Paloh dari Direktur Venusa Production Indonesia Tatang Suherman/Oje/Medcom.id

    Pria yang pernah membuat kolase koran untuk Bill Clinton itu menempelkan satu per satu kata-kata yang digunakan sang tokoh saat berpidato. Proses penempelan kata-kata dari koran itu pun sama sekali tak gampang. 

    Ia dan asistennya harus benar-benar teliti karena satu kesalahan penempelan saja bisa merusak karya. Proses memperbaiki juga bukan perkara mudah.

    “Kita enggak sembarangan nempel. Berpikir dulu karena kalau salah enggak akan bisa ditarik (potongan kata), bisa sobek. (Perbaikan) harus ditumpuk,” terang pria yang kini aktif di berbagai komunitas kreatif Bandung itu.

    Cucu Suhendra Memotret Sosok Surya Paloh Melalui Kolase Koran

    Tingkat kerumitan dan detail pada karya Cucu juga ditangkap CEO Media Group Mohammad Mirdal Akib. Menurut Mirdal, Cucu, seniman yang sejak 2006 hijrah dari Jakarta ke Bandung itu, membuat karya luar biasa dengan tingkat kesulitan tinggi.

    “Membutuhkan ketelitian luar biasa, fokus. Kemudian mengumpulkan bahan koran yang bukan cuma koran, tapi kata per kata dipilih yang memiliki makna dan menghasilkan seni, bukan sekadar foto,” ujar Mirdal saat menerima langsung lukisan kolase koran Cucu di Kompleks Media Group, Kedoya, Jakarta Barat, Kamis, 15 Oktober 2020.

    Detail kolase memuat kata-kata yang kerap digunakan Surya Paloh

    Mirdal menjelaskan seluruh kata dalam kolase merupakan visi politik Surya Paloh. Mirdal yang sempat berbicara via telepon dengan Cucu menyebut kolase itu memiliki konten dan material luar biasa.

    “Kita bisa dapatkan (kata-kata) restorasi, anak bangsa, nasionalisme, dan pluralisme. Ini benar-benar karya luar biasa,” ujar Mirdal.

    Pada kesempatan yang sama, President Director Metro TV Don Bosco Selamun juga menyampaikan pandangannya. Kolase karya Cucu sangat menggambarkan Surya Paloh.

    “Gambar ini benar-benar mewakili personality seorang pemimpin kami, Bang Surya Paloh. Hebat sekali,” tegas dia.

    Lukisan kolase koran Surya Paloh diserahkan langsung Direktur Venusa Production Indonesia Tatang Suherman kepada Mirdal di Kompleks Media Group, Kamis, 15 Oktober 2020. Penyerahan kolase juga dihadiri President Director Metro TV Don Bosco Selamun, Pemimpin Redaksi Medcom.id Budiyanto, dan jajaran Media Group lainnya.



    (OJE)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id