comscore

PBB Manut Konstitusi Terkait Penundaan Pemilu 2024

Anggi Tondi Martaon - 02 Maret 2022 15:35 WIB
PBB Manut Konstitusi Terkait Penundaan Pemilu 2024
Ilustrasi PBB - Medcom.id
Jakarta: Partai Bulan Bintang (PBB) mengaku tak sepakat dengan penundaan Pemilu 2024 untuk memperpanjang masa jabatan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Partai yang dipimpin Yusril Ihza Mahendra itu patuh terhadap konstitusi.

"Harus ada jalan konstitusi, kalau itu ada ya silahkan (menunda pemilu), tapi kalau tidak ada ya tidak boleh melanggar konstitusi. Jadi sampai sekarang PBB tetap taat konstitusi," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Afriansyah Ferry Noer saat dihubungi, Rabu, 2 Maret 2022.
Dia juga tak sepakat jika ketentuan pembatasan masa jabatan presiden yang ada saat ini diubah. Apalagi, hal itu dilakukan melalui amendemen UUD 1945.

"Dulu kita sudah melakukan reformasi, perubahan UUD masa jabatan presiden dibatasi menjadi dua periode. Kalau seandainya ini terjadi saya sendiri sebenarnya ya keberatan," ungkap dia.

Baca: Golkar 'Gerilya' Memenangkan Airlangga di Tengah Wacana Penundaan Pemilu 2024

Salah satu alasan utamanya menolak pengubahan pembatasan masa jabatan presiden adalah berpotensi otoriter. Menurut dia, sistem pemerintahan bakal berjalan baik jika regenerasi kepemimpinan bangsa dilakukan dengan baik dan rutin. 

"Jadi biarlah demokrasi berjalan sehingga regenerasi ini berjalan," ujar dia.

Wacana penundaan Pemilu 2024 menjadi perhatian masyarakat. Usulan itu bahkan disampaikan partai politik.

Pihak pertama yang menyampaikan yaitu Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada 23 Februari 2022. Berselang beberapa hari kemudian, giliran Partai Amanat Nasional (PAN) yang menyampaikan usulan serupa pada 25 Februari 2022. PKB dan PAN memiliki alasan serupa ingin Pemilu 2024 ditunda. Yakni, karena perekonomian.

(LDS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id