comscore

Borong Belasan Batik Cibuluh Bogor, Wapres Tak Lupa Beli untuk Istri

Kautsar Widya Prabowo - 08 Juni 2022 19:22 WIB
Borong Belasan Batik Cibuluh Bogor, Wapres Tak Lupa Beli untuk Istri
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kampung Batik Cibuluh, Bogor Utara, Jawa Barat. Foto: Medcom.id
Bogor: Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kampung Batik Cibuluh, Bogor Utara, Jawa Barat. Ma'ruf memborong 17 batik berjenis cetak dan tulis.

Di antara belasan batik itu, salah satunya spesial dibeli untuk istrinya, Wury Estu Handayani. "(Batik) buat ibu (cocok) yang mana ya?," kata Ma'ruf sambil memilih batik yang tepat untuk istirinya, Rabu, 7 Juni 2022.
Pilihan Ma'ruf jatuh pada batik berwarna merah bata dengan motif kembang. Warna tersebut merupakan favorit istrinya.

"Ini buat ibu nih. Warnanya ibu suka," kata Ma'ruf.

Batik itu pun langsung diserahkan ke ajudannya, Komisaris Besar (Kombes) Pol Wahyu Sri Bintoro. Dalam kunker kali ini, Ma'ruf tidak didampingi istri.

Baca: Wapres: Meletakan SARA Berlebihan Mengancam Ketahanan Nasional

Salah satu perajin menjelaskan batik yang dipilih Wakil Kepala Negara itu memiliki motif bernama hujan gerimis. Motif tersebut menjadi salah satu khas dari Kota Hujan.

Ma'ruf melihat berbagai motif batik lainnya, seperti kujang, teratai hingga bunga Raflesia. Mantan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) itu berharap masyarkat Kampung Cibuluh dapat meningkatkan kreasi dan inovasi dalam membuat batik.

"Supaya nantinya tidak hanya sekedar melahirkan produk batik tapi juga bisa menghasilkan produk-produk yang bernilai tambah, seperti fesyen-fesyen yang digemari oleh masyarakat fesyen kita. (Dan) bukan hanya laku di dalam negeri tetapi laku di luar negeri," tutur dia.

Kampung Batik Cibuluh merupakan salah satu kampung binaan Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Mustahik (LPEM) Badan Amil dan Zakat Nasional (BAZANAS) sejak 2019. Bantuan dana wirausaha yang telah digelontorkan sebesar Rp300 juta.

Dulu, hanya ada satu pengerajin batik di Kampung Cibuluh. Namun, saat ini jumlah perajin kurang lebih sebanyak 40 orang.

(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id