comscore

Hari Pers Nasional, NasDem: Pers Garda Terdepan Mencegah Hoaks

Kautsar Widya Prabowo - 10 Februari 2022 14:46 WIB
Hari Pers Nasional, NasDem: Pers Garda Terdepan Mencegah Hoaks
Ketua DPP Partai NasDem bidang Media dan Komunikasi Publik, Charles Meikyansah. Foto: Dok Medcom.id
Jakarta: Berita bohong atau hoaks masih menjadi tantangan besar bagi dunia jurnalistik di Indonesia. Pers diharapakan selalu menjadi garda terdepan untuk mencegah penyebaran hoaks di masyarakat. 

"Hoaks menjadi salah satu penyebab terjadinya disharmonisasi antarsesama karenanya pers penting untuk meluruskan, memberikan berita yang baik dan benar," ujar Ketua DPP Partai NasDem bidang Media dan Komunikasi Publik, Charles Meikyansah dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 10 Desember 2022.
Charles menilai isu hoaks harus menjadi bahan perenungan bagi semua pihak, termasuk pers, dalam momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2022. Ia menyebut data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 2021 menemukan 5.183 laporan hoaks terkait covid-19. Sebanyak 767 di antaranya sudah diproses hukum.

Baca: HPN 2022, Pers Indonesia Diharapkan Semakin Sehat dan Kritis

Selain itu, sebanyak 5.183 laporan hoaks soal virus corona itu terdiri dari 2.004 isu. Kominfo, kata Charles, sudah memblokir 5.046 diantaranya.

"Dapat disimpulkan bahwa hoaks menjadi permasalahan semua pihak," terangnya.

Charles menyadari peran pers sangat besar dalam menyebarkan informasi terkait partai besutan Surya Paloh itu. Ia menyakini tanpa peran pers akan sulit untuk mengkampanyekan dan menyosialisasikan berbagai program partai yang menyangkut kepentingan masyarakat.

"Saya ucapkan terima kasih banyak kepada media dan saya ucapkan selamat Hari Pers Nasional 2022. Semoga insan pers kian profesional, eksis dan sejahtera," jelasnya.

(AGA)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id