comscore

Jokowi Sebut Pemerintah Tak Selalu Sependapat dengan Putusan MK

Kautsar Widya Prabowo - 10 Februari 2022 14:22 WIB
Jokowi Sebut Pemerintah Tak Selalu Sependapat dengan Putusan MK
Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.
Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut tidak selamanya pemerintah sependapat dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Keputusan MK harus tetap dihormati dan dijalankan.

"Tetapi pemerintah selalu menerima selalu menghormati dan melaksanakan putusan-putusan MK," ujar Jokowi dalam keterangnya secara virtual, Kamis, 10 Februari 2022.
Menurut Jokowi, setiap putusan MK bersifat final dan mengikat. Hal ini diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945.

Indonesia, kata Jokowi, merupakan negara hukum. Oleh karena itu, hukum harus ditegakkan untuk kepentingan rakyat dan kemajuan bangsa.

"Pemerintah yakin bahwa kehidupan bernegara kita akan tertata dengan baik jika diselenggarakan berdasarkan konstitusi," kata dia.

Jokowi berharap MK dapat terus membuat putusan yang memberikan jalan keluar atas permasalahan hukum di Indonesia. MK juga diharapkan selalu menegakkan konstitusi dan terus membangun keseimbangan antara kepastian, keadilan, dan kemanfaatan.

Baca: Jokowi Pastikan Aturan Terkait Pandemi Covid-19 Diambil dengan Kehati-hatian

Sebelumnya, MK menyatakan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja inkonstitusional bersyarat. MK meminta aturan itu diperbaiki dalam dua tahun.

"Menyatakan pembentukan UU Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja bertentangan dengan UUD 1945 dan tidak mempunyai kekuatan hukum mengikat secara bersyarat sepanjang tidak dimaknai tidak dilakukan perbaikan dalam waktu dua tahun sejak putusan ini diucapkan," ucap Hakim Konstitusi Anwar Usman dalam pembacaan putusan uji formil di Gedung MK, Kamis, 25 November 2021.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id