Pengganti Rieke di Baleg Dianggap Kompeten Soal Hukum

    Kautsar Widya Prabowo - 09 Juli 2020 14:42 WIB
    Pengganti Rieke di Baleg Dianggap Kompeten Soal Hukum
    Konferensi pers PDI Perjuangan terkait pencopotan Rieke Diah Pitaloka sebagai Wakil Baleg. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo.
    Jakarta: Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan) menunjuk Komjen (Purn) M Nurdin menggaantikan Rieke Diah Pitaloka sebagai wakil ketua badan legislasi (Baleg). Nurdin dianggap mampu mengawal Rancangan Undang-Undang (RUU) Omnibus Law dan RUU Haluan Ideologi Pancasila (HIP).

    "Latar belakang polisi yang tentu sangat paham. Beliau pernah jadi kapolda dua kali, tugas utamanya mengawal itu," ujar Ketua Fraksi PDI Perjuangan Utut Adianto dalam konferensi pers di Kompleks Parlemen, Senayan , Jakarta, Kamis, 9 Juli 2020. 

    Menurut dia, pergantian posisi bukan berarti Reike tidak kompenten. PDI Perjuangan menempatkan kader sesuai dengan keahliannya. 

    Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Bambang Wuryanto menyebut pembahasan RUU Omnibus Law membutuhkan kader yang mengusai ilmu hukum. PDI Perjuangan selalu menerjunkan kader berkompeten dalam mengawal RUU sapu jagat itu. 

    Baca: Alasan PDIP Copot Rieke Diah Pitaloka sebagai Wakil Ketua Baleg

    "Tentu kita cari orang yang paham pasal dan punya disiplin tinggi, itu namanya Muhamad Nurdin, bukan yang lain tidak disiplin," tutur dia. 

    Bambang menyebut pergantian orang bakal dilakukan saat RUU Omnibus Law masuk dalam pembahasan terkait ekonomi. Kader terbaik yang berada di Komisi XI dan VI akan dipilih. 

    "Jadi ini pergeseran pasukan dari waktu ke waktu, akan terjadi," kata dia.

    Rieke akan kembali fokus bekerja di Komisi VI untuk mengawal jalanya Rancangan Undang-Undang (RUU) Badan Usaha Milik Negera (BUMN).

    (ADN)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id