Pemerintah Diminta Perhatikan Nasib Buruh Saat PSBB

    Candra Yuri Nuralam - 09 April 2020 14:02 WIB
    Pemerintah Diminta Perhatikan Nasib Buruh Saat PSBB
    Ilustrasi. Medcom.id
    Jakarta: Pemerintah diminta memperhatikan nasib pekerja saat penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) akibat wabah virus korona (covid-19). Para pekerja harian lepas yang terdampak kebijakan ini harus dipastikan mendapat bantuan.

    "Kami berharap buruh harian yang paling rentan kami harap ini sasaran utama yang mendapat bantuan langsung, karena dia kerja harian," kata Komisioner Komisi Nasional (Komnas) HAM Choirul Anam, Jakarta, Kamis, 9 April 2020.

    Choirul mengatakan pekerja harian lepas akan sulit mendapatkan penghasilan saat PSBB diberlakukan. Sedangkan mereka juga tetap harus memenuhi kebutuhan ekonomi di rumahnya.

    Pemerintah juga diminta memperhatikan pekerja yang mendapat gaji bulanan saat penerapan PSBB. Pemerintah harus memastikan seluruh perusahaan membayarkan gaji pegawainya yang menjalani kerja dari rumah.

    "Kalau liat konteks Undang-Undang Ketenagakerjaan, dalam kondisi kedaruratan mereka masih punya hak untuk dapat gaji, soal berapa angkanya di undang-undang itu ada aturannya," ujar Choirul.

    Baca: Pemprov DKI Buru Perusahaan Bandel

    Komnas HAM tak ingin penetapan pembayaran gaji pegawai bulanan merugikan pekerja. Dia meminta perusahaan mengikuti peraturan yang berlaku dalam membayar gaji pegawainya.

    "Kami mendorongnya tidak kesepakatan bersama, tetap diberikan haknya," tutur Choirul.

    Choirul juga meminta pemerintah tidak tutup kuping dengan jeritan perusahaan karena minimnya pemasukan di tengah wabah virus korona. Pemerintah diminta memberikan keringanan bagi perusahaan yang terdampak wabah ini.

    "Di situ peran negara memberi insentif ekonomi. Jadi berimbang, buruh-buruh tetap dapat hak-haknya, terus perusahaan yang mengalami kerugian dikasih insentif agar tak kolaps," kata Choirul.



    (AZF)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id