Presiden akan Berkunjung ke 5 Negara Pekan Depan

    Achmad Zulfikar Fazli - 19 Januari 2018 05:55 WIB
    Presiden akan Berkunjung ke 5 Negara Pekan Depan
    residen Joko Widodo saat diwawancarai Media Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (16/10).MI/RAMDANI.
    Jakarta: Presiden Joko Widodo akan melakukan kunjungan kenegaraan ke lima negara pada 24-28 Januari 2018. Negara yang akan dikunjungi Presiden berada di kawasan Asia Selatan, yakni Srilanka, India, Pakistan, Bangladesh dan Afghanistan.

    "Menurut rencana Presiden akan berkunjung ke lima negara minggu depan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis, 18 Januari 2018.

    Dalam kunjungan ini, Presiden akan membahas banyak hal tentang ekonomi. Karena itu, pihaknya dengan sejumlah menteri di bidang ekonomi telah mempersiapkan hal-hal yang akan dibahas.

    Menurut dia, persiapan ini harus dilakukan secara matang. Apalagi, negara yang akan dikunjungi punya potensi yang luar biasa. Tiga di antara lima negara tersebut memiliki penduduk yang cukup besar.

    Penduduk di India kurang lebih mencapai 1,3 miliar. Kemudian, Pakistan sekitar 200 juta penduduk dan Afghanistan sebanyak 165 juta penduduk.

    "Jadi ini merupakan new opportunities untuk Indonesia mengembangkan, memperkokoh kerja sama ekonomi dengan negara-negara tersebut," jelas Retno.

    Kerja sama yang akan dijalin, lanjut Retno, dalam bentuk perdagangan. Apalagi, kerja sama itu saat ini sudah cukup besar dan terus berkembang.

    Dalam dua tahun belakangan ini, kata Retno, Indonesia telah mengekspor kurang lebih 300 gerbong kereta melalui PT INKA.

    "Success story seperti ini ingin kita kembangkan juga ke wilayah sekitarnya. Oleh karena itu, kita juga coba masuk ke Srilanka dan negara-negara sekitarnya," ungkap Retno.

    Selain perdagangan, Presiden juga akan membahas masalah investasi. Namun, kali ini investasi itu ditanamkan oleh Indonesia.

    "Jadi fokusnya sekali lagi di ekonomi. Selain itu, tentunya kita diplomasi untuk kemanusiaan, juga akan kita jalankan diplomasi perdamaian," pungkas Retno.



    (DEN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id