Komisi II Setuju Pembentukan Provinsi Papua Tengah

    Nur Azizah - 20 November 2019 14:24 WIB
    Komisi II Setuju Pembentukan Provinsi Papua Tengah
    Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia. Foto: Medcom.id/Haifa Salsabila
    Jakarta: Komisi II DPR mendukung pembentukan provinsi Papua Tengah. Komitmen ini disampaikan dalam rapat dengar pendapat umum dengan Tim Usulan Pembentukan Provinsi Papua Tengah.

    Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia mengatakan pemekaran dapat meningkatkan kesejahteraan dan penguatan ekonomi. Ia meminta pemekaran dijalankan secepatnya.

    "Harus ada penyebaran sentra-sentra pelayanan publik serta sentra-sentra aktivitas ekonomi," kata Doli di Ruang Rapat Komisi II Kompleks Parlemen, Jakarta Pusat, Rabu, 20 November 2019.

    Doli mengaku sering menggelar pertemuan formal maupun informal untuk mempercepat pemekaran Papua Tengah. Ia pun mendesak Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk segera merealisasikannya.

    "Kami selalu memprioritaskan supaya ada komunikasi yang intensif, informasi yang sama, apa yang berkembang di Jakarta dengan yang berkembang di Papua atau sebaliknya. Informasi apa yang ada disana bisa kami ketahui," ujar dia.

    Koordinator Kajian dan Koordinator Morotarium, Bupati Puncak Willem Wandik, menyebut permintaan pemekaran muncul karena masih ada ketimpangan pembangunan di sejumlah daerah. Willem mengaku sudah membicarakan pemekaran kepada Presiden Joko Widodo. 

    "Pada saat menghadap, Presiden meminta pemekaran provinsi Papua dibagi menjadi sesuai dengan kebudayaan adat dan Timika menjadi wilayah ibu kotanya," kata Willem.

    Willem menyatakan masyarakat tujuh wilayah adat sudah sepakat dengan pemekaran ini. Dia berharap kajian Papua Tengah yang sudah diserahkan ke Komisi II DPR bisa rampung paling lambat Desember 2019.

    "Kami para bupati ini adalah bagian tangan panjang pemerintah pusat. Kami pemerintah para bupati sudah aspirasi masyarakat sudah lama memperjuangkan baik itu pemekaran ini sudah lama, kami para bupati yang ada di Papua Tengah jadi mendorong perjuangan itu," tutur Willem.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id