Laporan Masuk ke Ombudsman Akan Ditembuskan ke Kemendagri

    Zakaria Habib - 29 Januari 2020 07:55 WIB
    Laporan Masuk ke Ombudsman Akan Ditembuskan ke Kemendagri
    Anggota Ombudsman Ninik Rahayu. Foto: Medcom.id/Zakaria Habib
    Jakarta: Laporan terkait pelayanan publik yang diterima Ombudsman, baik di kantor perwakilan di daerah maupun di pusat, bakal diteruskan kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Usulan tersebut disampaikan dalam rapat Ombudsman dengan Kemendagri.

    "Dengan demikian Kementerian Dalam Negeri tidak mengetahui di ujung di hilir, tapi dari awal, tidak hanya menjatuhkan sanksi tapi juga sejak awal melakukan pembinaan," kata anggota Ombudsman Ninik Rahayu usai rapat di Kemendagri, Selasa, 28 Januari 2020.

    Menurut Ninik, melalui mekanisme tembusan tersebut, Kemendagri akan mengetahui secara cepat perkembangan kasus yang diterima Ombudsman. Kementerian di bawah pimpinan Menteri Tito Karnavian itu pun bisa segera menindaklanjuti laporan.

    Ombudsman dan Kemendagri segera menyusun perjanjian kerja sama (PKS). Siapa yang bertugas untuk membina dan dan mengawasi pemerintahan daerah akan diperinci.

    "Kemudian nanti kalau PKS lebih detail siapa yang in charge di Kementerian Dalam Negeri," kata dia.

    Ombudsman sempat melaporkan kepada Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD tentang sejumlah kementerian/lembaga dengan tingkat kepatuhan rendah. Salah satunya Kemendagri.

    Ombudsman kemudian bertemu dengan Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo untuk membahas pertemuan itu. Kemendagri dijelaskan masalah ketidakpatuhan ini berpangkal dari pengawasan terhadap pemerintah daerah dalam menjalankan rekomendasi Ombudman yang dinilai masih lemah.





    (OGI)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id