Wapres Ingin Indonesia Pusat Ekonomi Syariah Dunia

    Nur Aivanni - 15 November 2019 15:13 WIB
    Wapres Ingin Indonesia Pusat Ekonomi Syariah Dunia
    Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Grand Studio Metro Tv, Jakarta. Foto: MI/Andri Widiyanto
    Jakarta: Wakil Presiden Ma'ruf Amin ingin menjadikan Indonesia sebagai pusat ekonomi syariah dunia. Indonesia harus memimpin dalam bidang keuangan yang berlandaskan hukum Islam.

    "Saya ingin punya halal industrial estate, halal training center dan sebagainya," kata Ma'ruf dalam pembukaan 6th Indonesia Islamic Economic Forum (IIEF) di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat, 15 November 2019.

    Pemerintah akan memperkuat pengembangan ekonomi syariah. Upaya ini dilakukan dengan revisi Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2016 tentang Komite Nasional Keuangan Syariah. Terutama soal perubahan lingkup keuangan syariah menjadi ekonomi dan keuangan syariah. 

    "Diharapkan dapat mempercepat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang difokuskan pada pengembangan dan perluasan industri produk halal, keuangan syariah, dana sosial syariah, social fund serta kegiatan usaha syariah," tutur dia.

    Ma'ruf menerangkan perlu kerja cepat, tepat, dan manfaat agar ekonomi syariah bisa maju lebih baik lagi. Cara-cara lama harus ditinggalkan . 

    "Kita harus cepat karena kita sudah banyak ketinggalan, tapi harus tepat bekerjanya, dan kita harus bekerja memberikan manfaat, dampak yang besar," tutur dia.

    Dia menambahkan inisiatif untuk terus menggelorakan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah akan membanggakan Indonesia. Ia pun meyakini peran ekonomi dan keuangan syariah akan makin diterima masyarakat Indonesia.

    "Visi pengembangan ekonomi dan keuangan harus diletakkan sebagai suatu pilihan aktivitas ekonomi yang rasional bagi masyarakat, sehingga ekonomi dan keuangan syariah bukan hal yang ekslusif tapi menjadi bersifat universal sesuai dengan prinsip rahmatan lil alamin," tegas dia.



    (OGI)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id