Dasco Pastikan Info Kuota Haji Indonesia Tak Mengada-ada

    Anggi Tondi Martaon - 04 Juni 2021 14:16 WIB
    Dasco Pastikan Info Kuota Haji Indonesia Tak Mengada-ada
    Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad /Medcom.id/Anggi



    Jakarta: Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad merespons surat keberatan Kedutaan Besar (Kedubes) Arab Saudi untuk Indonesia terkait kuota Haji 2021. Dia mempertegas ihwal Indonesian tak mendapat kuota haji yang sempat dijawab perwakilan Saudi pada 31 Mei 2021.

    "Saya juga tidak mengada-ada karena dengan perhitungan waktu itu dan kita sudah cek juga belum ada kabar dari Arab Saudi kita dapet kuota haji atau tidak," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 5 Juni 2021.

     



    Dia mengatakan telah berkomunikasi dengan sejumlah pihak sebelum menyampaikan informasi tersebut. Salah satunya, dengan pihak otoritas berwenang di Arab Saudi.

    "Pimpinan DPR itu juga berkomunikasi dengan beberapa pihak termasuk yang disampaikan di surat itu komunikasi yang punya otoritas," ungkap dia.

    Baca: Jemaah yang Menarik Iuran Haji Harus Diberi Pelayanan Terbaik

    Dia beralasan sengaja berbicara untuk merespons beragam pertanyaan terkait kendala penyelenggaraan Haji 2021. Pasalnya, ibadah Haji disebut-sebut terkendala karena Vaksin Sinovac belum disertifikasi Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO).

    Dasco menyebutkan Indonesia diminta tak dulu memikirkan sertifikasi vaksinasi. Pemerintah sedang memastikan apakah Indonesia mendapat kuota atau tidak.

    "Karena saya dengar kita kemungkinan tidak dapat kuota haji. Itu aja yang saya bilang kemarin (31 Mei 2021)," sebut Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra itu.

    Dasco menegaskan kepastian mendapat kuota itu sangat dibutuhkan. Sebab, sangat berpengaruh terhadap persiapan yang harus dilakukan pemerintah. 

    "Karena tidak mungkin persiapan dari 28 Mei sampai kemudian lebaran haji pada 20 Juli, waktunnya mepet," ujar dia.

    Kedubes Arab Saudi untuk Indonesia mengirim surat Nomor 211-2512 ke Ketua DPR Puan Maharani. Perwakilan Negara Minyak itu merespon pernyataan Dasco pada 31 Mei terkait Indonesia tak mendapatkan kuota Haji 2021.

    Dalam surat yang ditandatangani Duta Besar (Dubes) Arab Saudi untuk Indonesia, Essam bin Ahmed Althaqafi, pada 3 Juni 2021 itu menjelaskan pemerintahnya belum mengeluarkan keputusan resmi terkait kuota Haji 2021. Keputusan tersebut berlaku untuk seluruh negara dunia, bukan hanya Indonesia.

    (ADN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id