Jokowi Ingin UMKM Terlibat Pengembangan Baterai Kendaraan Listrik

    Kautsar Widya Prabowo - 15 September 2021 12:04 WIB
    Jokowi Ingin UMKM Terlibat Pengembangan Baterai Kendaraan Listrik
    Presiden Joko Widodo dalam acara Groundbreaking Pabrik Indusrtri Kendaraan Listrik. Youtube Sekretariat Presiden



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap pengembangan industri baterai kendaraan listrik tidak hanya oleh BUMN. Saat ini, pabrik baterai kendaran listrik tengah dibangun di Karawang, Jawa Barat.

    "Saya berpesan agar kolaborasi yang terbangun bukan hanya di antara perusahaan-perusahaan besar atau BUMN-BUMN kita, tapi juga melibatkan usaha mikro, usaha kecil, dan usaha menengah (UMKM)," ujar Jokowi dalam acara grounbreaking pembangunan industri pabrik baterai kendaraan listrik yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 15 September 2021.

     



    Jokowi menjelaskan Indonesia harus mengubah strategi bisnis dengan tidak lagi menjadi negara pengekspor bahan mentah. Selain itu, mengubah struktur ekonomi berbasi komoditas menjadi industrialisasi.

    "(Indonesia harus) melepaskan ketergantungan pada produk-produk impor dengan mempercepat revitalisasi industri pengolahan, sehingga bisa memberikan peningkatan nilai tambah ekonomi yang semakin tinggi," jelas dia.

    Kepala Negara menyebut Indonesia memiliki daya tarik investasi yang kuat bila memiliki industri yang terintegrasi dari hulu hingga hilir. Perusahaan-perusahaan asing diyakini semakin berminat menanamkan modal mendirikan industri turunan seperti motor listrik, bus listrik, dan mobil listrik.

    "Pemerintah Indonesia berkomitmen penuh untuk memberikan dukungan dan pengembangan ekosistem industri baterai dan kendaraan listrik," ujar Jokowi.

    Baca: Jokowi: Indonesia Harus Keluar dari Jebakan Negara Pengekspor Bahan Mentah
     

    (REN)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id