Jokowi: Stok Beras Cukup

    Kautsar Widya Prabowo - 21 Juli 2021 14:43 WIB
    Jokowi: Stok Beras Cukup
    Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi gudang Badan Urusan Logistik (Bulog), Jakarta Utara. Medcom.id/Kautsar Widya Prabowo



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendatangi gudang Badan Urusan Logistik (Bulog), Jakarta Utara, Rabu pagi, 21 Juli 2021. Kedatangan Jokowi untuk memastikan stok beras nasional aman.

    "Tadi Pak Kepala Bulog (Budi Waseso) menyampaikan bahwa stok (beras) yang ada di Bulog 1.373.000 ton. Artinya stok (beras) kita cukup," ujar Jokowi dalam keterangan pers di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 21 Juli 2021.

     



    Dalam kesempatan yang sama, Jokowi memeriksa kesiapan bantuan beras yang diberikan kepada masyarakat terdampak covid-19. Kebijakan tersebut telah berjalan sejak Jumat, 16 Juli 2021.

    "Jadi bukan akan tapi sudah berjalan sejak Jumat lalu di Jakarta dan seluruh provinsi di negara kita. Ini terus berjalan sudah dimulai dan akan terus berjalan," kata dia.

    Jokowi sempat menunjukkan beras yang disalurkan ke masyarakat dengan berat 10 kg. Dia berharap bantuan tersebut dapat mengurangi beban masyarakat di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat.

    Baca: Ketersediaan Beras Cukup, Bulog Minta Masyarakat Tak Resah

    Selain bantuan beras, pemerintah memberikan subsidi listrik, bantuan sosial tunai, dan bantuan langsung tunai (BLT) desa. Kemudian subsidi internet, program keluarga harapan (PKH), dan lain-lainnya.

    Sebelumnya, pemerintah menambah anggaran bantuan sosial untuk penanganan covid-19. Penambahan untuk meringankan beban masyarakat terdampak PPKM darurat.

    "Untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak pemerintah mengalokasikan tambahan anggaran perlindungan sosial Rp55,21 triliun," kata Jokowi dalam konferensi pers virtual, Selasa, 21 Juli 2021.

    Anggaran bakal dialokasikan untuk bantuan sosial tunai (BST), bantuan langsung tunai (BLT) desa, dan program keluarga harapan (PKH). Pemerintah juga bakal memberikan sembako, bantuan kuota internet, dan subsidi listrik.

    "Juga memberikan Rp1,2 juta untuk 1 juta usaha mikro," ujar Jokowi.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id