Garda Pemuda NasDem Dorong Santri Merekatkan Semangat Nasionalisme

    Fachri Audhia Hafiez - 22 Oktober 2021 19:39 WIB
    Garda Pemuda NasDem Dorong Santri Merekatkan Semangat Nasionalisme
    Apel Siaga DPP Garda Pemuda NasDem dalam Rangka Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2021 di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, Jakarta Selatan. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez



    Jakarta: Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Garda Pemuda NasDem mendorong santri merestorasi dan merekatkan kembali semangat nasionalisme. Semangat itu mesti ditempatkan nilai-nilai agama sebagai ruhnya.

    Pesan itu disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Garda Pemuda NasDem M Haerul Amri dalam Apel Siaga DPP Garda Pemuda NasDem dalam Rangka Memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2021. Kegiatan digelar di Kampus Akademi Bela Negara (ABN) Partai NasDem, Jakarta Selatan.

     



    "KH Hasyim Asy'ari menyampaikan bahwa agama dan nasionalisme adalah dua kutub yang tidak berseberangan. Nasionalisme adalah bagian dari agama dan keduanya saling menguatkan," kata Haerul dalam pidatonya di lokasi, Jumat, 22 Oktober 2021.

    Haerul mengatakan santri memiliki peranan yang penting bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Pertama, dalam konteks kemerdekaan bangsa Indonesia.

    Santri, kata Haerul, mampu dikonsolidasikan sebagai kekuatan anak bangsa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI. KH Hasyim Asy'ari menjadi tokoh penting dalam gerakan itu.

    "Hal itu bisa dibuktikan dengan munculnya semangat resolusi jihad yang difatwakan dan digerakkan oleh KH Hasyim Asy'ari bersama para ulama, kiai, dan santri dalam menghadapi pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, Jawa Timur," ucap Haerul.

    Baca: Hari Santri, Pimpinan MPR Kenang Resolusi Jihad Hasyim Asy'ari

    Haerul menuturkan resolusi jihad difatwakan oleh KH Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober. Oleh karena itu, HSN diperingati pada 22 Oktober.

    Selain itu, santri disebut memiliki peran dalam pendidikan pesantren. Melalui pesantren atmosfer nilai-nilai keutuhan pada NKRI terus terjaga.

    "Bahwa, hingga hari ini ulama, kiai, dan para santri merupakan komponen bangsa yang sangat konsisten menjaga dan mempertahankan keutuhan negara NKRI," ujar Haerul.

    Apel HSN

    Apel Siaga DPP Garda Pemuda NasDem dalam Rangka Memperingati HSN 2021 diikuti ratusan santri. Para santri berasal dari Pondok Pesantren (Ponpes) dari Jagakarsa dan Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

    Ketua Bidang Agama dan Kebhinekaan DPP Garda Pemuda NasDem Chepy Aprianto menuturkan apel menyiratkan pesan kepada pemuda bahwa hakikat agama dan nasionalisme tidak bisa dipisahkan. Partai NasDem bersama-sama santri dan ulama menggaungkan untuk menjadi penjaga NKRI dan mempertahankan Pancasila.

    "NasDem mencoba mengkolaborasikan mencoba bagaimana kita bersatu bersama-sama santri yang ada di Indonesia. Bahwa, tantangan kita terbesar adalah masalah ideologi bangsa," ucap Chepy.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id