comscore

Mampu Mengerem Ambisi Jadi Presiden, Kunci Surya Paloh Melambungkan Partai NasDem

Juven Martua Sitompul - 17 Juli 2021 22:01 WIB
Mampu Mengerem Ambisi Jadi Presiden, Kunci Surya Paloh Melambungkan Partai NasDem
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. MI/Pius Erlangga
Jakarta: Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dinilai sosok yang berbeda dengan pemimpin partai lainnya. Surya Paloh sebagai politisi bisa menyingkirkan ambisinya untuk menjadi seorang presiden.

"Yang membuatnya menjadi berbeda adalah ketika dia tidak menginginkan segalanya, saya pikir titik tertinggi seorang Surya Paloh dalam pencapaiannya sebagai seorang politisi adalah ketika dia tidak berambisi lagi menjadi seorang presiden, ini yang membuatnya berbeda," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia, Yunarto Wijaya, dalam diskusi bertajuk 'Tribute To Surya Paloh' di Metro TV, Sabtu, 17 Juli 2021.
Menurut Yunarto, sikap ini membuat Surya Paloh lebih mudah menyampaikan ide-ide besar dalam membangun bangsa dan negara. Bahkan, seorang Surya Paloh rela 'mengesampingkan' kadernya demi mengusung calon pemimpin negara yang berkompeten. Salah satunya keputusan Surya Paloh saat mengusung Joko Widodo (Jokowi) sebagai presiden.

"Sesuatu menjadi unlimited ketika berbicara ide besar, akhirnya beliau bisa berbicara mengenai ayo kita angkat orang yang pas jadi gubernur bagus ini walau bukan kader partai kita tapi harus kita menangkan nih, di situ lah peran beliau menjadi king maker, suka tidak suka semua orang mengakui itu dalam proses kemenangan Jokowi," kata Yunarto.

Baca: Surya Paloh, Pejuang Kebebasan Pers Sejak Era Soeharto

Yunarto juga menyebut sikap Surya Paloh yang merelakan ambisinya menjadi presiden membuat panggung NasDem menjadi lebih tinggi. NasDem menjadi partai yang diperhitungkan di kancah politik Tanah Air.

"NasDem menjadi lebih terbuka, NasDem lebih bisa menghasilkan regenarasi, NasDem lebih banyak melahirkan pemimpin-pemimpin lokal," tegas dia.

(JMS)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id