Harapan Jokowi untuk Bendungan Sindang Heula, Genjot Pertanian dan Cegah Banjir

    Nur Azizah - 04 Maret 2021 15:28 WIB
    Harapan Jokowi untuk Bendungan Sindang Heula, Genjot Pertanian dan Cegah Banjir
    Presiden Joko Widodo/Biro Pers Sekretariat Presiden.



    Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Sindang Heula di Serang, Banten. Bendungan yang menampung 9,3 juta meter kubik air ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas pertanian.

    "Bendungan ini akan meningkatkan produktivitas pertanian, dengan kapasitas 9,3 juta meter kubik, bendungan ini akan memberikan manfaat irigasi terhadap 1.280 hektare sawah yang ada di Serang dan umumnya di Provinsi Banten," kata Jokowi di Serang, Banten, Kamis, 4 Maret 2021.






    Ia juga berharap bendungan ini bisa memberikan nilai tambah bagi para petani di Banten. Selain berfungsi untuk irigasi, bendungan ini menyediakan air baku bagi daerah-daerah industri yang berkembang di Kabupaten Serang, Kota Serang.

    "Bendungan ini mampu menyediakan air baku hingga 0,80 meter kubik per detik. Ini sudah dimulai digunakan oleh provinsi separuhnya, 0,40 meter kubik per detik," kata dia.

    Baca: 3 Pembangunan Bendungan di Jatim Ditarget Rampung Tahun Ini

    Bendungan yang dibangun sejak 2015 ini berfungsi untuk mengendalikan banjir. Diproyeksikan bendungan ini bisa mengurangi banjir 50 meter kubik per detik.

    "Di sini, sungai yang sering meluap, yaitu Sungai Ciujung dan Sungai Cidurian yang sering menggenangi Kabupaten Serang dan sekitarnya," kata Jokowi.

    Kelebihan lainnya, Bendungan Sindang Heula ini dapat menghasilkan listrik 0,40 megawatt. Ini dapat dimanfaatkan Provinsi Banten agar tidak bergantung pada energi fosil.

    (JMS)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id